Sukses

7 Tips Tetap Bahagia di Tempat Kerja yang Penuh Tekanan

Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi bahagia di tempat kerja yang penuh tekanan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang beruntung berada di tempat kerja yang bahagia dan bebas stres. Beberapa harus berurusan dengan manajer yang toxic, rekan kerja yang iri, dan lingkungan kerja yang sangat menegangkan. 

Meskipun hal ini dapat sangat merusak kesehatan mental dan fisik Anda, sangat penting bagi Anda untuk mencari cara untuk meningkatkan suasana hati Anda di tempat kerja yang keras dan penuh tekanan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk menjadi bahagia di tempat kerja yang penuh tekanan, dilansir dari Times of India

Pastikan tidur Anda cukup

Ketika Anda kurang tidur, Anda menjadi lebih rewel dan kemudian situasi sulit di tempat kerja tampak lebih menantang. Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik yang lebih baik. Tanpa pikiran yang segar, Anda mungkin tidak dapat bekerja dengan baik juga.

Carilah rekan kerja yang serupa

Terkadang Anda hanya perlu melampiaskan ketika situasi stres membebani Anda. Dan di sini, beberapa teman di tempat kerja bisa datang untuk menyelamatkan. Habiskan waktu Anda dengan orang-orang yang dapat mengalihkan perhatian Anda dan membantu Anda meninggalkan stres dan menjernihkan pikiran. Anda dapat mengandalkan beberapa orang ini untuk membantu Anda rileks.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rayakan setiap capaian

Sekalipun alasannya kecil atau besar, rayakan setiap pencapaian di tempat kerja Anda. Jika lingkungan di sekitar Anda sama sekali tidak memotivasi, cobalah untuk mengangkat suasana hati Anda dengan memperlakukan diri sendiri setiap kali Anda mencapai suatu tujuan atau melakukan pekerjaan yang luar biasa. Pujilah diri Anda sendiri. 

Berikan waktu untuk diri sendiri recharge

Beristirahatlah secara teratur dalam jam kerja Anda selama 10 hingga 15 menit sehingga Anda dapat merasa segar kembali dan dapat kembali ke meja Anda tanpa merasa terlalu kewalahan. Minumlah secangkir kopi dengan kolega Anda, dan bicarakan hal-hal menarik yang terjadi dalam hidup Anda.

3 dari 3 halaman

Mendengarkan musik

Biarkan musik menjadi teman terbaik Anda selama bekerja. Musik yang menenangkan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Anda bahkan dapat mendengarkan musik fokus yang akan membantu Anda lebih berkonsentrasi. Ini akan membuat Anda produktif, bebas stres, dan lebih bahagia. Secara ilmiah, musik dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh, sehingga direkomendasikan oleh banyak terapis.

Melatih empati

Jika Anda berlatih berempati dengan rekan kerja Anda, itu akan mengurangi tingkat stres Anda. Jika Anda memahami kolega Anda dan bersabar dengan pekerjaannya, Anda akan dapat menerima tekanan pekerjaan Anda dan tidak merasa frustrasi karenanya. Dan menjadi orang yang membantu dan pengertian akan selalu membuat Anda merasa lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.