Sukses

4 Hewan Ini Dikenal Bisa Nyempil ke Mana Saja, Pintar Kabur

Hewan tidak pernah kehabisan membuat kagum manusia, seperti kemampuan memasuki tempat kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Hewan tidak pernah kehabisan membuat kagum manusia. Banyak aksi hewan yang terlihat sangat tidak mungkin bila dipikirkan, namun benar dapat dilakukan. Tidak hanya dari hal-hal besar saja, tetapi juga dari hal-hal kecil.

Salah satunya adalah kemampuan hewan untuk masuk ke tempat kecil, seperti lubang untuk jalan melarikan diri atau ruang kosong untuk bersembunyi

Berikut sederet hewan yang dikenal pandai bersembunyi atau melarikan diri dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

1. Kucing

Salah satu hewan yang terkenal yang bisa melakukan aksi seperti ini adalah kucing. Sudah banyak foto-foto lucu yang menampilkan kucing di berbagai tempat sempit, seperti toples, akuarium, bahkan ember.

Dilansir Live Science pada Rabu (28/12/2022), kemampuan kucing dapat masuk ke celah kecil adalah regio bahu mereka yang unik

Pada manusia, regio bahu terdiri dari tulang belikat dan tulang selangka yang terhubung sehingga memberikan penyangga yang kaku untuk otot-otot lengan. Sedangkan kucing, tulang belikat kucing melekat pada otot, bukan tulang.

Selain itu, kumis kucing juga membantu mereka mendapatkan informasi tentang lingkungan di sekitar, termasuk menilai ukuran ruang kecil yang ingin mereka masuki..

Mampu masuk ke ruang kecil adalah keuntungan evolusioner saat berburu mangsa kecil seperti tikus, tetapi juga untuk bersembunyi dan melarikan diri dari pemangsa potensial,” ucap Kepala International Society of Feline Medicine di Inggris, Nathalie Dowgray.

Mengenai alasan melakukan hal itu, kucing biasanya memilih untuk bersembunyi ketika merasa stres, ketakutan, atau mencari privasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tikus

Lalu ada tikus. Sering kali kemampuan memasuki tempat kecilnya ini membuat jengkel manusia, terlebih saat digunakan untuk kabur dan bersembunyi.

Alasan mengapa tikus dapat masuk melalui lubang sekecil adalah karena tubuh mereka yang panjang, fleksibel, dan berbentuk silinder.

Mereka juga memiliki kaki yang kuat dan tidak memiliki tulang selangka. Semua ini adalah adaptasi terhadap kebiasaan menggali mereka.

Sama seperti kucing, sebelum memasuki sebuah lubang tikus juga akan memanfaatkan kumisnya. Walau begitu, kadang tikus dapat terjebak di tengah lubang karena salah perhitungan (tergesa-gesa) atau kelebihan berat badan.

3 dari 4 halaman

3. Tupai

Sama seperti tikus, tupai juga mampu memasuki sebuah ruang sempit. Walau begitu, kemampuannya ini masih tidak seekstrim kemampuan tikus. 

Aturan umumnya adalah bila tupai dapat memasukkan kepalanya ke dalam lubang, maka tupai juga dapat memasukkan bagian tubuhnya yang lain. Hal ini karena tubuh tupai yang biasanya lebih kecil dari kepala mereka.

4 dari 4 halaman

4. Gurita

Terakhir ada gurita. Dilansir National Geographic, gurita memiliki tubuh yang lunak dan tanpa tulang sehingga memungkinkan mereka untuk masuk melalui ruang sekecil apa pun.

Spesies terbesar seperti gurita Pasifik raksasa bahkan bisa masuk melalui celah yang lebarnya hanya beberapa inci.

Satu-satunya syarat gurita dapat memasuki sebuah lubang kecil adalah bila paruhnya muat. Hal itu dikarenakan paruh gurita adalah bagian terkeras dari tubuh mereka.

Kegunaan dari kemampuan ini adalah untuk kabur dan bersembunyi dari mara bahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.