Sukses

5 Minuman Hangat yang Bisa Bantu Atasi Insomnia dan Susah Tidur Malam

Berikut minuman bantu hilangkan kebiasaan begadan, atau sulit tidur

Liputan6.com, Jakarta - Susah tidur merupakan salah satu kebiasaan kurang baik yang sering dialami banyak orang.

Padahal, susah tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan dan melemahkan sel-sel otak serta memicu penyakit seperti insomnia.

Biasanya, hal tersebut terjadi karena seseorang sedang mengalami stres banyak fikiran dan lain sebagainya.

Jika sudah menghadapi tanda-tanda awal susah tidur, maka kamu masih punya waktu untuk membalikkan kondisi tersebut dengan beralih ke pola makan sehat dan gaya hidup yang lebih baik.

Melansir laman Timesofindia, Rabu (21/12/22) ada beberapa minuman hangat yang cocok untuk menginduksi tidur dan menyembuhkan saraf secara alami, berikut penjelasan singkatnya:

 

1. Susu Saffron atau Teh Saffron

Minum teh herbal seperti teh saffron sebelum tidur diyakini dapat membantu merilekskan saraf, mengurangi stres, dan mendorong tidur.

Diketahui saffron telah digunakan untuk khasiat obatnya yang manjur yang berfungsi sebagai pengangkat suasana hati, mengurangi kecemasan dan tanda-tanda awal depresi serta menginduksi tidur.

Mencampurnya dengan susu semakin meningkatkan khasiat minuman karena susu mengandung senyawa yang disebut Triptofan.

2. Adas dan Susu Almond

Membuat campuran bubuk biji adas, almond, dan mishri dengan perbandingan 1:1:1 dan mencampur sekitar 1 sendok makan untuk menghangatkan susu dan meminumnya sebelum tidur.

Tidak hanya akan mengurangi ketidakteraturan tidur, tetapi juga meningkatkan metabolisme dan memastikan kesehatan tidur.

Selain itu, penambahan adas dan almond kaya omega 3 membantu meningkatkan penglihatan serta mengurangi efek paparan layar dalam waktu lama, juga mengurangi efek degenerasi makula pada mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teh Chamomile

3. Teh Chamomile

Minum secangkir teh chamomile sebelum tidur dapat membantu merilekskan saraf, mengurangi kecemasan, dan mendorong tidur.

Selain itu, minum teh ini setiap hari tidak hanya dapat memperbaiki pola tidur yang tidak teratur, tetapi juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dan memastikan metabolisme yang sehat.

Adapun untuk cara pembuatannya, ambil 2 gelas air, didihkan dengan baik. Tambahkan 1 sendok teh, saring, dan tambahkan madu. 

Sebelumnya, chamomile adalah ramuan yang berasal dari kelopak bunga chamomile.

3 dari 4 halaman

Teh Lavender

4. Teh Lavender

Minum teh ini diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur, membantu mendorong tidur lebih cepat dan juga mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Adapun lavender sendiri memiliki konsentrasi nutrisi dan antioksidan tinggi yang membantu regenerasi sel yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan metabolisme.

Untuk membuat teh cepat ini, ambil panci dan rebus air, rendam bunga lavender atau kantong teh. Lalu, saring teh dan nikmati dengan madu. 

4 dari 4 halaman

Teh Ashwagandha

5. Teh Ashwagandha

Ashwaganda merupakan tanaman herbal India, yang juga digunakan sebagai obat tradisional.

Ramuan kuno ini telah digunakan sebagai bahan aktif dalam sebagian besar obat Ayurveda (metode pengobatan tertua), karena adanya antioksidan dalam teh ini, yang membantu merilekskan saraf, mengurangi stres, gejala depresi dan membantu mengobati sulit tidur dan juga membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

Untuk memulainya, cukup seduh setengan sendok teh bubuk atau akar ashwagandha dalam air dan minumlah dengan madu. Untuk meningkatkan khasiatnya susu juga bisa digunakan dalam teh ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.