Sukses

10 Tips Buat Kamu yang Mau Pergi Lama dan Tinggalkan Hewan Peliharaan di Rumah Saja

Jika takut stres, kamu bisa meninggalkan hewan peliharaanmu baik itu kucing atau anjing di rumah saat kamu harus pergi beberapa hari, bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan saat hendak pergi liburan. Selain memastikan kondisi rumah bersih sebelum ditinggal, kamu juga perlu memastikan hewan peliharaan kesayangan dalam kondisi aman. 

Bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan, pastinya ingin mereka merasa senyaman mungkin. Hewan peliharaan tidak bisa ditinggal terlalu lama sendirian karena mereka selalu membutuhkan bantuan manusia untuk makan hingga buang air.

Mungkin kamu merasa tidak tenang meninggalkan hewan peliharaan di rumah sendirian, namun kamu juga tidak bisa mengajaknya berlibur. Tentu hal ini membuat kamu dilema.

Ketika harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama, menitipkan kucing atau anjing di tempat penitipan hewan memang merupakan pilihan terbaik.

Tetapi di lingkungan baru seperti tempat penitipan hewan, bisa membuat hewan peliharaanmu, baik kucing atau anjing merasa stres karena tidak nyaman.

Jangan khawatir, kamu bisa meninggalkan kucing atau anjing selama beberapa hari atau beberapa pekan di rumah. Namun sebelumnya kamu harus menyiapkan semua kebutuhannya dengan baik selama hewan ditinggal sendirian.

Dilansir Greatpetcare, Senin (19/12/2022), berikut 10 tips yang dapat kamu lakukan saat ingin meninggalkan hewan peliharaan di rumah:

 

1. Buat Suasana Rumah Terasa Nyaman

Ketika meninggalkan hewan peliharaan sendirian di rumah, pastikan dia akan merasa nyaman sehingga mengurangi risiko stres pada hewan. Kamu bisa mengatur suhu ruangan seperti ketika kamu berada di rumah.

Kamu juga perlu memastikan agar semua pintu ke ruangan yang tidak boleh dimasuki hewan peliharaan tertutup, termasuk juga jendela.

Pastikan juga hewan peliharaan kamu memiliki tempat tidur sendiri yang nyaman dan terbukanya jalan ke kamar mandi atau kotak pasir untuknya buang air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan Makanan hingga Sempatkan ke Dokter Langganan

2. Siapkan Makanan

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah makanan hewan peliharaan sebelum ditinggalkan. Pastikan kamu menyiapkan makanan dalam porsi yang cukup, yakni sesuaikan dengan jumlah hari hewan ditinggalkan.

kamu bisa menyediakan dua kali lipat takaran makanan yang sudah disiapkan dari porsi normal. Hindari menyiapkan makanan dalam satu wadah besar.

Letakkan 2-3 wadah makanan yang masing-masing diletakkan menyebar di beberapa tempat. Dengan begitu, kucing atau anjing tetap memiliki persediaan makanan apabila wadah makanan tumpah.

3. Siapkan Air Minum

Air minum merupakan hal yang tak kalah penting untuk hewan peliharaan saat ditinggalkan di rumah sendirian. Sama seperti menyiapkan makanan, kamu bisa menyediakan air minum dalam beberapa wadah dan menempatkannya di banyak titik.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kalau salah satu tempat air tumpah karena tersenggol saat kucing atau anjing bermain.

4. Kunjungi Dokter Hewan Langganan

Kunjungan ke dokter hewan perlu kamu lakukan beberapa hari sebelum berangkat. Hal ini penting karena kamu perlu memastikan hewan peliharaanmu dalam kondisi yang benar-benar sehat dan tidak mendekati jadwal vaksin tahunan.

Jika perlu, mintalah vitamin hewan untuk menjaga kondisi hewan peliharaanmu.

3 dari 4 halaman

Siapkan Litter Box hingga Kabarkan Orang Terdekatmu

5. Menyiapkan Litter Box

Tips berikutnya adalah menyiapkan litter box sebelum meninggalkan hewan peliharaanmu sendirian di rumah. Caranya dengan mengganti pasir lama yang ada di dalam litter box.

Jangan gunakan pasir lama yang sudah lembap dan berbau pesing. Pakai pasir baru supaya efektif mengurangi aroma tidak sedap tersebut.

Dengan begitu, hewan peliharaanmu juga bisa buang kotoran dengan lebih nyaman dan bersih.

6. Pastikan Rumah Ditinggalkan dalam Keadaan yang Aman

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan lingkungan rumah dalam keadaan yang aman, terutama jika memiliki hewan peliharaan yang suka berjalan atau berlarian.

Pastikan untuk menutup tempat sampah, kamar mandi, ventilasi udara, dan penghangat. Jauhkan juga perabotan rumah yang membahayakan dari jangkauan hewan peliharaan seperti kompor dan alat pembersih rumah tangga.

Benda-benda yang mengandung bahan kimia berbahaya juga harus diletakkan di tempat yang tertutup atau jauh dari jangkauan hewan peliharaan kamu.

Selain itu, pernak-pernik rumah tangga seperti mainan, karya seni, pajangan, makanan, atau dekorasi yang menarik bagi peliharaan juga harus diamankan.

7. Beritahu Teman atau Tetangga Terpercaya

Tidak ada ruginya memberitahu teman dan tetangga yang dapat dipercaya bahwa kamu meninggalkan anjing atau kucing di dalam rumah.

Kamu bisa meminta tolong kepada mereka untuk membantu mengawasi atau memberi kabar tentang keadaan hewan yang ditinggal.

Jika mereka tidak keberatan, kamu juga bisa meminta tolong untuk memeriksa stok makanan dan air, serta melihat kondisi hewan peliharaan kesayangan.

4 dari 4 halaman

Taruh Tanaman Jauh dari Hewan Peliharaan hingga Matikan Alat Elektronik

8. Meletakkan Tanaman Tertentu Jauh dari Kucing

Selain barang-barang yang bisa membahayakan pastikan juga tidak ada tanaman beracun bagi kucing yang ada di dalam rumah.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang memiliki efek toksik bagi kucing kalau sampai termakan. Misalnya seperti lidah buaya, bunga lili, dan berbagai jenis aglaonema.

Kalau tanaman-tanaman tersebut sampai termakan, kucing bisa mual, muntah, kejang, bahkan diare.

Untuk mencegah ini terjadi, sebaiknya keluarkan tanaman-tanaman tersebut ke area outdoor atau tempat lain yang jauh dari jangkauan kucing.

9. Sediakan Mainan

Agar kucing atau anjing tidak merasa kesepian di rumah, kamu bisa menyiapkan mainan kesukaan hewan peliharaan. Meski demikian, kamu harus memilih mainan yang aman untuk mereka.

Hindari memberikan mainan berupa tongkat dengan tali. Saat tidak diawasi, mainan tersebut dapat membahayakan hewan karena dapat terjerat atau hal-hal berbahaya lainnya.

10. Matikan Alat Elektronik

Selain masalah biaya, sebaiknya kamu mematikan seluruh peralatan elektronik saat meninggalkan rumah. Adapun alat elektronik tersebut di antaranya AC dan televisi.

Namun untuk kulkas, kamu tidak perlu mematikannya sebab, hal tersebut tidak berbahaya pada hewan peliharaan dan diperlukan untuk menyimpan bahan makanan.

Apabila memungkinkan kamu bisa meninggalkan rumah dengan menyalakan radio atau musik lewat radio atau alat pemutar.

Musik dapat mengurangi kecemasan hewan peliharaan dan menjadi hiburan agar kucing tidak stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.