Sukses

Simak 6 Tips Mendekorasi Rumah Gelap Menjadi Elegan

Biasanya, penggunaan warna gelap dalam penataan interior rumah adalah hal yang dihindari. Namun, ada kalanya warna gelap digunakan untuk sebuah ruangan.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, penggunaan warna gelap dalam penataan interior rumah adalah hal yang dihindari. Namun, ada kalanya warna gelap digunakan untuk sebuah ruangan.

Apalagi, jika kamu memang sengaja menginginkan konsep ruang keluarga bernuansa gelap untuk menghadirkan gaya yang elegan, sebaiknya totalitas memaksimalkan penggunaan warna gelap.

Kelebihan utama penggunaan warna gelap adalah penampilan elegan yang dibentuknya. Kesan mewah bahkan dapat meningkat melalui penambahan aksen atau ornamen dengan warna kontras yang serasi pada sebuah rumah.

Kunci penting mengatasi kesan suram adalah memastikan ruangan memperoleh pencahayaan yang memadai. Baik pencahayaan alami maupun dekorasi penataan lampu.

Dilansir thespruce.com, Kamis (15/12/2022), berikut sederet tips menggunakan warna gelap pada ruangan di dalam rumah:

 

1. Berikan Warna Gelap pada Ruangan yang Terang

Pencahayaan yang baik termasuk salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan ketika hendak mengaplikasikan skema warna gelap pada ruangan. Sebab, dengan pencahayaan yang baik, warna gelap bisa sedikit lebih longgar dan terlihat elegan.

Untuk urusan pencahayaan, maksimalkan cahaya alami dari sinar matahari pada pagi hingga sore hari. Sebab, cahaya dari sinar matahari juga bisa mengatur suhu kelembaban pada ruangan dan membuat rumahmu lebih hemat energi.

Ketika hari menjelang malam, pastikan ruanganmu mendapatkan cahaya yang terang secara merata dari pencahayaan lampu.

Untuk mendapatkan tampilan ruangan yang lebih mewah, pilihlah lampu dengan watt kecil dengan jumlah yang relatif banyak daripada memilih sedikit lampu dengan watt yang besar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Mendekorasi Rumah Warna Gelap

2. Kombinasi Warna Gelap yang Saling Melengkapi

Kehadiran warna gelap dapat memberikan tampilan yang mewah dan elegan pada saat yang bersamaan. Tips berikutnya cobalah memadukan dua warna gelap sekaligus. Warna biru gelap sebagai warna dasar pada seluruh ruangan berpadu manis dengan warna merah velvet pada karpet dan juga kursi ottoman.

Kontrasnya warna merah memecah dominasi warna biru dan memberikan tampilan yang semakin elegan. Jangan lupa, material velvet pada kursi ottoman dan sofa menjadi faktor yang memperkuat kesan berkelas di dalam ruangan.

 

3. Padukan dengan Palet Warna Alam

Menghadirkan unsur alam pada ruangan gelap menjadi salah satu cara yang mudah untuk kamu terapkan. Ketika ruangan dengan cat warna gelap dipadukan dengan palet warna alami, itu bisa membuat ruangan semakin berwarna tanpa terlihat norak.

Palet warna alami yang memberi dampak signifikan pada ruangan gelap ialah warna dari tanaman. Sebab, tanaman memiliki warna hijau cerah yang netral dan dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk dan segar.

Apabila kamu tidak ada waktu untuk merawat tanaman di dalam rumah, kamu bisa menambahkan palet warna alami dari bahan yang lain. Misalnya warna kayu yang cerah, dekorasi dinding dari bambu, perabotan dari bahan kulit dan lain sebagainnya. 

3 dari 4 halaman

Tips Mendekorasi Rumah Warna Gelap

4. Dengan Sentuhan Seni

Ruangan bernuansa gelap akan tampil makin kaya dengan rangkaian dekor karya seni yang mencolok. Bahkan, elemen seni akan meninggalkan kesan bagi setiap tamu yang berkunjung.

Warna hitam dan abu-abu gelap seakan-akan membingkai semua cahaya matahari yang masuk melalui jendela kaca besar di sisi ruangan.

Rangkaian karya seni eksotis plus lampu unik yang juga berwarna gelap, menjadi sebuah karya seni yang membuat ruangan gelap terlihat mewah dan berkelas. Susunan wine rack dari kaca transparan memantapkan kemewahan ruang keluarga.

 

5. Penambahan Aksen Kontras

Cara berani berikutnya, manfaatkan material keemasan sebagai aksen untuk membangun kesan mewah dan berkelas dalam ruangan.

Pasanglah panel geometri yang menutupi sebagian area dinding. Warna emas tampil unik lantaran sangat kontras dengan warna hitam pada dinding ruangan, serta warna abu-abu pada seluruh furnitur.

4 dari 4 halaman

Tips Mendekorasi Rumah Warna Gelap

6. Tambahkan elemen reflektif pada ruangan gelap

Menggunakan elemen reflektif untuk membuat ilusi ruangan terlihat luas adalah salah satu trik yang paling umum dalam dunia desain interior. Cara ini juga bisa kamu tambahkan untuk membuat warna gelap pada ruangan agar tidak terlihat suram.

Elemen reflektif bisa kamu dapatkan dengan menambahkan cermin, furnitur metalik, lantai yang berkilau, dan sebagainya.

Pada dasarnya, elemen reflektif dapat memantulkan cahaya dan memberi efek keberlanjutan pada ruangan. Hal inilah yang menyebabkan elemen reflektif dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan cerah.

Palet warna gelap sebenarnya lebih cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang luas. Namun, dengan memperhatikan beberapa detail, palet warna gelap juga bisa tampak elegan pada rumah dengan lahan terbatas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini