Sukses

Cristiano Ronaldo Jadi Pesepakbola Pertama yang Cetak Gol di 5 Piala Dunia, Ini Rinciannya

Liputan6.com, Doha - Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik dunia. Sudah banyak prestasi dan rekor yang membuktikan hal tersebut. Dalam perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar, pemilik nomor punggung 7 ini kembali menunjukkan kehebatannya.

Cristiano Ronaldo menyumbang satu gol dalam pertandingan Portugal melawan Ghana di stadion 974, Doha pada Kamis, 24 November 2022. Pertandingan yang dimulai pada pukul 23.00 WIB ini merupakan salah satu pertandingan di grup H Piala Dunia 2022. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Portugal 3-2 atas Ghana.

Selama babak pertama, tidak ada satupun gol yang tercipta. Lalu pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-65, Ronaldo membuka keunggulan Portugal melalui titik penalti.

Kemudian gol Portugal lainnya dicetak oleh Joao Felix pada menit ke-78 dan Rafael Leao pada menit ke-80. Kedua gol tersebut didapat dari assist Bruno Fernandes.

Untuk gol Ghana, masing-masing dicetak oleh Andre Ayewpada menit ke-73 dan Osman Bukari pada menit ke-89. Kemenangan ini membuat Portugal berada di puncak klasemen grup H sementara. 

Di balik kemenangan Portugal atas Ghana, Cristiano Ronaldo membuat rekor yang sangat hebat. Dilansir The Indian Express pada Jumat (25/11), pemain kelahiran 5 Februari 1985 ini menjadi satu-satunya pemain sepak bola yang mencetak gol di lima kompetisi Piala Dunia berbeda. 

Gol penalti ke gawang Ghana membuat Ronaldo kini telah mengoleksi delapan gol di keseluruhan kompetisi Piala Dunia yang dia ikuti. Berikut rekam jejak kapten Portugal tersebut di kompetisi bergengsi tersebut, dilansir situs resmi Olympics.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Piala Dunia 2006

Piala Dunia 2006 diadakan di Jerman pada 9 Juni sampai 9 Juli 2006. Piala Dunia 2006 dimenangkan oleh Italia dan merupakan keempat kalinya tim berjulukan Gli Azzuri (Si Biru) memenangkan kompetisi bergengsi ini, setelah sebelumnya berhasil menang pada tahun 1934, 1938, dan 1982.

Cristiano Ronaldo melakukan debut Piala Dunia-nya di tahun ini, saat Portugal melawan Angola. Dalam debutnya, Ronaldo yang saat itu masih memakai nomor punggung 17 masih belum mencetak gol.

Gol pertamanya di sejarah kompetisi Piala Dunia baru datang saat melawan Iran yang diseleranggarakan pada 17 Juni 2006. Saat itu, Cristiano Ronaldo dipilih sebagai algojo penalti di menit ke-80.

Golnya menutup kemenangan Portugal 2-0 atas Iran dan menjadikan dirinya sebagai pemain Portugal termuda yang mencetak gol dalam pertandingan Piala Dunia, yakni pada usia 21 tahun dan 132 hari.

Di Piala Dunia 2006, Cristiano Ronaldo bermain dalam enam pertandingan dengan Portugal berakhir di posisi keempat.

3 dari 5 halaman

Piala Dunia 2010

Piala Dunia 2010 adalah pertama kalinya kompetisi bergengsi itu diadakan di tanah Afrika. Disebut sebagai salah satu Piala Dunia terbaik, kompetisi yang diselengaraan pada 11 Juni sampai 11 Juli 2010 ini dimenangkan oleh Spanyol yang memang datang dengan armada mewah.

Pada Piala Dunia 2010, Cristiano Ronaldo saat itu sudah pindah ke Real Madrid serta memenangkan Ballon D'Or dan Liga Champions UEFA. Di timnas, dia juga sudah memakai nomor punggung 7 dan ban kapten Portugal. Keduanya diwarisi dari pemain Portugal legendaris sebelumnya, Luis Figo.

Sayangnya, Cristiano Ronaldo hanya menyumbangkan satu gol, yakni saat pertandingan melawan Korea Utara yang dibantai 7 gol tanpa balas.

Walau tampil meyakinkan melawan Korea Utara, Portugal seri saat berhadapan dengan Brasil dan Pantai Gading yang saat itu sama-sama di Grup G.

Portugal yang berada di posisi ke-2 klasemen Grup G, sayangnya lolos dan bertemu Spanyol. Di situlah mimpi Piala Dunia 2010 Portugal dan Cristiano Ronaldo berakhir.

4 dari 5 halaman

Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 memilih Brasil kembali sebagai tuan rumah. Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan dari 12 Juni sampai 13 Juli 2014 ini dimenangkan oleh Jerman setelah di final mengalahan Argentina 1-0. Gol kemenangan Jerman datang dari Mario Götze.

Di Piala Dunia 2014, nasib Cristiano Ronaldo dan Portugal sangat buruk. Tidak seperti dua kompetisi Piala Dunia sebelumnya, saat itu Portugal tidak lolos fase grup.

Portugal berada di posisi ketiga Grup G yang diisi oleh Jerman, Amerika Serikat, dan Ghana. Dari tiga pertandingan yang dilakukan di babak fase grup, Portugal hanya menang melawan Ghana.

Gol kemenangan tersebut dicetak oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-80. Gol ini juga yang membuatnya menjadi pemain Portugal pertama yang mencetak gol di tiga Piala Dunia berbeda.

5 dari 5 halaman

Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 diadakan di Rusia. Kompetisi yang membawa Prancis sebagai pemenang ini diselenggarakan dari 14 Juni sampai 15 Juli 2018.

Di Piala Dunia 2018, Portugal masuk ke Grup B bersama Spanyol, Iran, dan Maroko. Pada pertandingan pertama, Portugal bertemu Spanyol dan saat itulah Cristiano Ronaldo melakukan hattrick ikoniknya. 

Di pertandingan dengan hasil imbang 3-3 yang diadakan pada 15 Juni tersebut, melalui tendangan free kick-nya, Cristiano Ronaldo berhasil membawa Portugal menjauh dari kekalahan. 

Pada pertandingan selanjutnya melawan Maroko, Cristiano Ronaldo juga kembali menyelamatkan Portugal dengan gol sensasionalnya di menit ke-4.

Kemenangan itu membuat Portugal lolos fase grup, bahkan walau seri melawan Iran. Keluar fase grup, perjalanan Portugal kembali dihentikan setelah kalah 2-1 melawan Uruguay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.