Sukses

Top 3: Viral Pemimpin Dunia Dihina Berbatik Saat Gala Dinner KTT G20

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini sedang viral di sosial media Twitter, yaitu sebuah komentar negatif tentang batik yang dipakai oleh para pemimpin dunia saat gala dinner KTT G20 Bali.

Acara itu berupa pesta makan malam para politisi dan pejabat negara anggota KTT G20 Bali.

Dalam acara tersebut, para pemimpin dunia mengenakan batik, pakaian khas Indonesia yang menjadi salah satu warisan budaya dunia nonbendawi UNESCO.

Namun sayangnya, seorang broadcaster bernama Sophie Corcoran menuliskan komentar negatif tentang tampilan batik Indonesia di sosial media Twitter.

Dalam cuitan Twitter tersebut, berisikan foto delegasi G20 yakni Presiden FIFA Gianni Infantino, Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan, Perdana Menteri Kanada Justin Tredeau, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dan pendiri World Economic Forum  (WEF) Klaus Martin Schwab yang memakai batik saat dinner.

"Why are they all dressed the same - and like that," tulisnya dalam akun Twitter miliknya @sophielouisecc.

Artikel tentang viral para pemimpin dunia dihina kenakan batik saat gala dinner KTT G20 Bali, warganet murka menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang respons kocak warganet usai KTT G20 Bali resmi ditutup.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang pujian Joe Biden untuk Jokowi: Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa hebat.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Viral Para Pemimpin Dunia Dihina Kenakan Batik Saat Gala Dinner KTT G20 Bali, Warganet Murka

 

Cuitan tersebut memiliki arti "Mengapa mereka semua berpakaian sama - dan seperti itu".

Hal ini membuat warganet Indonesia marah karena merasa kebudayaannya dihina. Berikut beberapa komentar warganet Indonesia yang membalas cuitan tersebut,

Komentar netizen teratas yaitu ia mengatakan bahwa karena Indonesia memiliki kreativitas menjadikan penampilan tidak membosankan,

“it's because they have creativity and not using the boring white shirt black suit black tie which is so depressing like your name.... corcoran in indonesian = pouring concrete.” komentar akun @tanyadoank13.

Komentar tersebut memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu “itu karena mereka memiliki kreativitas dan tidak menggunakan kemeja putih yang membosankan jas hitam dasi hitam yang sangat menyedihkan seperti namamu.... corcoran dalam bahasa indonesia = menuang beton”.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Respons Kocak Warganet Usai KTT G20 Bali Resmi Ditutup

KTT G20 Bali resmi ditutup Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Rabu (16/11/2022).

Dengan berakhirnya acara pertemuan ini, menutup masa Presidensi G20 Indonesia yang selanjutnya akan dipegang oleh India. Jokowi pun memberikan kepemimpinan forum secara estafet kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Seolah ada saja, rupanya banyak warganet yang menanggapi acara penutupan forum G20 tersebut dengan komentar-komentar penuh humor.

Dapat diperhatikan melalui respons unggahan akun Twitter @TxtdariHI, yang mencantumkan foto Presiden Joko Widodo bersama dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

"SAH, KTT G20 Bali resmi ditutup. Selanjutnya presidensi G20 dilanjutkan oleh India," tulis @TxtdariHI dalam postingan yang sudah mendapatkan lebih dari 10 ribu like di Twitter.

Warganet pun merespons unggahan tersebut dengan komentar yang penuh canda. Beberapa dari mereka mengaitkan kebiasaan turis di Bali setelah melakukan liburan dan membeli pie susu sebagai buah tangan.

"Waktunya beli pie susu," komentar @far*** me-reply postingan tersebut.

"Untuk bendahara, sekretaris dan sie perkap jangan pulang dulu, kita kerjain LPJ," cuit akun @boo*** mengaitkan acara tersebut dengan kegiatan yang biasa terjadi saat penutupan acara kepanitiaan.

"Pak Jokowi: Nanti malam jangan lupa kita rapat evaluasi di posko, ya!" tambah @bay***.

Tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan acara tersebut berlangsung terlalu singkat. Hal ini ditanggapi oleh akun @the*** yang menuliskan, "Apaan dah pada bilang 'kok bentar banget' lu mau berapa hari, 6 bulan? Bukan KTT namanya, jadinya KKN."

Selain itu, ada juga komentar yang menyampaikan harapan mereka akan acara forum G20 tahun depan yang akan dilaksanakan di India.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Pujian Joe Biden untuk Jokowi: Anda Melakukan Pekerjaan yang Luar Biasa Hebat

Di hari pertama penyelenggaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada Rabu, 15 November 2022, Presiden Jokowi mendapat pujian dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Dilansir dari kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Kamis, 16 November 2022, pujian untuk Jokowi dilontarkan Joe Biden saat membuka sesi pertemuan bersama delegasi KTT G20 lainnya.

Dalam sambutannya, Joe Biden mengatakan bahwa semua tamu yang hadir pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali berutang kepada Jokowi.

Sebab, sebagai tuan rumah, Jokowi dinilai telah berhasil melakukan pekerjaan yang hebat dalam mempersiapkan penyelenggaraan KTT G20 ini.

"Saya akan memberikan pidato pembuka, dan Anda semua berutang pada teman saya (Jokowi) yang telah melakukan banyak hal hari ini, serta sudah melakukan banyak hal sepanjang hari," Kata Joe Biden.

"Hadirin, saya ingin berterima kasih atas kehadiran Anda di sini, Anda (Jokowi) melakukan pekerjaan yang luar biasa hebat, omong-omong. Ini sungguhan. Anda telah melakukan pekerjaan yang hebat," dia menambahkan.

Diselingi tepuk tangan semua tamu KTT G20, Presiden Jokowi membalas pujian itu dengan ucapan terima kasih sembari memberikan senyuman kepada Joe Biden.

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS