Sukses

10 Macam Sayuran Laut Lezat yang Bisa Kamu Coba, Tertarik?

Ya, rumput laut menjadi salah satu dari sekian banyak sayuran laut.

Liputan6.com, Jakarta - Di saat menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh, ada makanan super yang mungkin Anda abaikan, yaitu sayuran laut.

Tentu, salah satunya Anda pernah memakan potongan-potongan rumput laut dalam sup miso atau membungkus gulungan sushi. Ya, rumput laut menjadi salah satu dari sekian banyak sayuran laut.

Namun, sebenarnya ada berbagai macam rumput laut hijau, coklat, dan merah atau ganggang laut lainya yang dapat dimakan yang termasuk dalam kategori sayuran laut. Mereka penuh dengan nutrisi yang beberapa di antaranya tidak bisa Anda dapatkan dari sayuran darat. 

Selama ribuan tahun masakan dari negara-negara pesisir di seluruh dunia telah menampilkan dan merayakan rasa asin dari rumput laut.

Negara-negara Asia seperti Jepang dan China terkenal dengan kaldu berbasis ganggang dan ikan yang dibungkus rumput laut, budaya Nordik, Polinesia, dan orang-orang dari Karibia juga memasukkan sayuran laut dalam makanan mereka.

Rendah lemak dan kaya serat, mineral, dan vitamin, rumput laut dianggap sebagai pilihan yang sehat bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. 

Rupanya, ada cukup banyak sayuran laut, tahukah kamu? Rumput laut pun ada bermacam-macam, misalnya wakame. Wakame merupakan umput laut berwarna coklat.

Wakame sendiri termasuk rumput laut populer dan secara tradisional digunakan dalam salad dingin atau sebagai topping pada tahu, sup, sushi, atau nasi.

Selain rumput laut, ada pula salicornia atau asparagus laut. Salicornia atau asparagus laut adalah tanaman sukulen yang hidup di sepanjang pesisir pantai.

Salicornia dikenal juga sebagai kacang laut. Salicornia adalah tanaman toleran terhadap garam yang tumbuh di rawa-rawa pesisir dekat pantai.

Melansir Ocean Find Your Blue Selasa (15/11/2022), berikut ini adalah 11 sayuran laut yang paling lezat dan manfaat kesehatanya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rumput Laut dan Kombu

1. Rumput Laut

Kelp atau rumput laut adalah sejenis ganggang coklat besar dan berdaun yang membentuk hutan lebat di dekat pantai. Ada hampir 30 jenis rumput laut yang digunakan dalam masakan.

Masakan Asia banyak menggunakan irisan rumput laut wakame dalam salad rumput laut dan rumput laut kombu sebagai bahan dasar kaldu dashi sup ramen.

Rumput laut alaria juga dikenal sebagai badderlock, memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan wakame tetapi tumbuh di Atlantik dan merupakan makanan tradisional yang digunakan di Greenland, Islandia, Skotlandia, dan Irlandia.

Bagi mereka yang menyukai rasa yang lebih ringan dan manis, rumput laut Arame sering digunakan dalam hidangan tumisan seperti sayuran tradisional.

Algin, komponen serbaguna dalam rumput laut, adalah bahan dalam pasta gigi, sampo, obat-obatan, dan bahkan es krim.

Rumput laut merupakan sumber nutrisi yang kaya seperti yodium, vitamin K, vitamin A, vitamin B-12, zat besi, magnesium, dan banyak kalsium (lebih banyak dari kangkung). Saat ini rumput laut tersedia dalam bentuk bubuk dan suplemen kapsul, serta mentah dan kering.

 

2. Kombu

Saat cuaca dingin dan suram di luar, keluarkan kombu dan panci. Rumput laut ini digunakan dalam dashi, kaldu tradisional Jepang. Gunakan kombu atau dengan serpihan bonito kering untuk sup miso atau sebagai cairan bumbu dalam hidangan lainnya.

Lebih baik lagi, kombinasikan dengan kacang-kacangan atau sayuran lain yang sulit dicerna seperti kubis Brussel atau kubis. Kombu memiliki enzim yang memecah gula rafinosa penghasil gas yang ditemukan di banyak kacang-kacangan dan sayuran.

 

3 dari 5 halaman

Wakame hingga Salicornia

3. Wakame

Rumput laut berwarna coklat, wakame adalah rumput laut populer lainnya dan secara tradisional digunakan dalam salad dingin atau sebagai topping pada tahu, sup, sushi, atau nasi.

Biasanya dijual dalam bentuk kering, wakame dapat dihidrasi ulang dengan merendamnya dalam air selama beberapa menit. Hal ini juga membantu menghilangkan garam yang berlebih. Kemudian masukkan ke dalam salad favorit Anda dan biarkan nutrisinya mengalir dalam diri Anda.

 

4. Chlorella

Ganggang air tawar ini adalah makanan pembangkit tenaga lainnya. Anda hanya akan menemukannya dalam bentuk suplemen karena dinding selnya yang keras mencegahnya dicerna dalam bentuk aslinya.

Selain banyak manfaat kesehatan yang dibagikannya dengan sayuran laut lainnya, chlorella juga telah terbukti juga menyerap logam berat di dalam tubuh dan membantu dalam detoksifikasi.

 

 

5. Salicornia

Salicornia atau asparagus laut adalah tanaman sukulen yang hidup di sepanjang pesisir pantai. Salicornia dikenal juga sebagai kacang laut. Salicornia adalah tanaman toleran terhadap garam yang tumbuh di rawa-rawa pesisir dekat pantai.

Mereka adalah sukulen berbunga dengan tangkai bercabang dan dapat terlihat seperti rumput yang tebal dan gemuk. Tangkai kacang laut laut ini memiliki kerenyahan dan rasa yang mirip dengan kacang hijau atau asparagus kebun. Mereka secara alami asin dan paling baik disajikan dengan sedikit tumis dengan mentega dan rempah-rempah.

4 dari 5 halaman

Spirulina dan Dulse

6. Spirulina 

Sejenis ganggang biru-hijau, spirulina adalah cyanobacteria bersel tunggal yang telah disebut sebagai makanan paling kaya nutrisi di planet ini.

Awalnya digunakan oleh suku Aztec, spirulina dibangkitkan kembali oleh NASA untuk memberi makan astronot di luar angkasa.

Phycocyanin adalah komponen aktif utama yang berkontribusi pada sifat antioksidan alga. Spirulina biasanya ditemukan dalam bentuk bubuk atau tablet, satu sendok makan dianggap sebagai sumber protein berkualitas tinggi yang luar biasa yang terdiri dari setiap asam amino esensial, serta berbagai vitamin, mineral, dan elektrolit. 

 

7. Dulse

Dulse Adalah ganggang merah dengan daun, pelepah merah yang mirip dengan seladayang  kaya mineral dan serat. Dulse adalah rumput laut yang sering digunakan dalam salad dan lauk pauk. Ditemukan di Atlantik dan Pasifik, dulse telah digunakan dalam makanan Eropa utara selama berabad-abad.

Penuh dengan mineral, dulse memiliki rasa asin ketika dikeringkan yang sering dimanfaatkan dalam penyedap masakan umum seperti telur dan kentang. Rasanya bahkan telah disamakan dengan rasa daging asap dan dapat menjadi tambahan asin pada sekantong popcorn.

Dulse kaya akan mineral penting seperti kalsium, magnesium dan zat besi. Mineral ini digunakan tubuh untuk kepadatan tulang.

5 dari 5 halaman

Nori hingga Krokot Laut

8. Nori

Nori mungkin salah satu rumput laut paling terkenal yang dapat dimakan. Nori adalah ganggang merah yang biasa digunakan dalam makanan Jepang untuk membungkus sushi.

Ia juga dikenal sebagai Gim di Korea dan laver di Irlandia dan Wales. Awalnya dikonsumsi sebagai pasta di Jepang, baru setelah proses pembuatan kertas Jepang ditemukan pada pertengahan tahun 1700-an, nori dibentuk menjadi lembaran kering. 

 

9. Lumut Irlandia

Chondrus crispus juga dikenal sebagai lumut Irlandia. Lumut Irlandia adalah istilah yang digunakan untuk beberapa spesies ganggang merah.

Di Atlantik utara, Chondrus crispus mengklaim nama tersebut sementara di Carribbean adalah Eucheumatopsis Isiformis.

Keduanya mengandung sejumlah besar karagenan, senyawa yang mengental menjadi jeli saat dimasak. Di Karibia, puding lumut Irlandia sering dibumbui dengan kayu manis dan vanila dan diberi susu dan rum.

Di Irlandia dan Skotlandia, puding tradisional dan minuman susu yang serupa tidak hanya merupakan hidangan penutup yang lezat tetapi juga merupakan obat bergizi untuk orang sakit.

 

10. Krokot Laut

Krokot laut adalah sukulen berbunga yang juga enak dimakan. Tanaman pendek ini hidup di pesisir pantai berpasir dan rawa-rawa asin di seluruh dunia.

Penduduk asli Amerika di Florida memakannya mentah, dimasak, atau diasamkan, dan di Filipina disebut atchara saat diasamkan.

Para ilmuwan di Florida sedang bereksperimen dengan menanam krokot laut sebagai cara untuk menyerap nutrisi berlebih dari tangki akuakultur ikan dengan harapan untuk kemudian menjual krokot laut sebagai produk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.