Sukses

8 Fakta Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20 2023

Timnas U-20 Indonesia memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 sebagai juara Grup F.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas U-20 Indonesia memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 sebagai juara Grup F. Skuad Garuda Nusantara akan tampil di kejuaraan itu pada 1-18 Maret tahun depan di Uzbekistan. Tim asuhan Shin Tae-yong meraih nilai sempurna, sembilan poin dari tiga pertandingan, dengan mengalahkan Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam.

Timnas U-20 Indonesia bersaing ketat dengan Vietnam di Grup F. Menjelang laga terakhir pada Minggu, 18 September, kedua tim ini sama-sama mengoleksi enam poin dan jumlah selisih gol yang sama. Hasil pertandingan terakhir, saat keduanya berhadapan, menjadi penentu, di mana laga berakhir dengan skor tipis 3-2 untuk kemenangan Timnas U-20 Indonesia. 

Tiga gol Timnas Indonesia dicetak oleh Marselino Ferdinan (60'), Muhammad Ferrari (82'), dan Rabbani Tasnin Siddiq (86'). Sedangkan, dua gol Vietnam berasal dari Ferarri (gol bunuh diri 67') dan Dinh Xuan Tien (79'). Kemenangan itu mengantarkan Indonesia ke Piala Asia U-20 2023 dengan status juara Grup F setelah mengumpulkan nilai sempurna (9 poin) dari tiga laga yang dimainkan. Lantas apa saja fakta menarik yang tercipta di pertandingan ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Timnas Indonesia

1. Sempurna dikualifikasi

Shin Tae-yong akhirnya berhasil mematahkan rekor tak pernah menang melawan Vietnam. Sebelumnya, dalam empat pertandingan Indonesia melawan Vietnam, di level timnas senior dan umur, pelatih Korea Selatan itu belum sekali pun menang. Dari empat laga, hasilnya dua kali kalah dan dua kali imbang.

Timnas U20 Indonesia mencatatkan hasil sempurna pada babak kualifikasi Piala Asia U20 2023. Dari tiga laga yang dilalui, Indonesia berhasil mengemas kemenangan atas Timor Leste (4-0), Hong Kong (5-1) dan Vietnam (3-2).

2. Dua Turnamen Besar Menanti Timnas U20

Tahun depan, timnas U20 Indonesia bakal tampil pada dua turnamen besar yaitu Piala Asia U20 dan Piala Dunia U20. Adapun, jadwal Piala Dunia U20 2023 di mana Indonesia menjadi tuan rumah akan digulirkan setelah Piala Asia U20. Piala Dunia U20 2023 akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan.

3. Dua Gol dari sang Supersub

Marselino Ferdinan semakin identik dengan sebutan supersub di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, dalam dua pertandingan terakhir melawan Hong Kong dan Vietnam, pemain bernomor punggung 7 itu ia mampu memberikan efek besar pada permainan Indonesia dengan mencetak dua gol saat turun dari bangku cadangan.

3 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Timnas Indonesia

4. Keputusan Tepat Shin Tae-yong

Pada pertandingan krusial ini Shin Tae-yong melakukan eksperimen dengan memainkan Ronaldo Kwateh sebagai starter. Namun kepercayaan yang diberikan pelatih tak mampu dijawab dengan baik. Pasalnya, selama 45 menit pertama, Ronaldo terlihat gagal memanfaatkan setiap peluang yang datang.

Alhasil, Shin Tae-yong terpaksa menariknya di babak kedua. Keputusan Shin Tae-yong menarik Ronaldo dan menggantikannya dengan Marselino Ferdinan yang kemudian berbuah manis. Sebab, 10 menit setelah bermain, dia sukses mencetak gol pembuka untuk Indonesia.

5. Ikuti Jejak Tim Senior

Keberhasilan Marselino Ferdinan dkk lolos ke putaran final Piala Asia U20 membuat mereka mengikuti jejak para senior yang juga akan tampil di turnamen level Asia. Sebelumnya, skuad senior Indonesia lebih dulu memastikan lolos ke Piala Asia 2023.

Dengan demikian, dua skuad Garuda bakal berkiprah di Piala Asia tahun depan pada level berbeda. Sebagai informasi, Piala Asia 2023 akan dilangsungkan pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan dengan Indonesia dikabarkan menjadi salah satu negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah. Sementara itu, Piala Asia U20 2023 bakal digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret tahun depan

4 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Timnas Indonesia

6. Penampilan Ke-18 di Piala Asia U20

Turnamen Piala Asia U20 atau yang dulu bernama Piala Asia U19 sejatinya bukan hal baru bagi Indonesia. Indonesia tercatat sudah pernah 17 kali tampil di turnamen tersebut dan tahun depan akan menjadi penampilan yang ke-18. Prestasi terbaik Indonesia dalam sejarah turnamen sepak bola usia muda Asia tersebuta adalah menjadi juara pada edisi 1961. Kala itu, Indonesia menjadi juara bersama dengan Burma (sekarang Myanmar) pada turnamen yang digelar di Thailand.

7. Shin Tae-yong Hapus Kutukan

Bukan hanya para pemain Garuda Nusantara saja yang punya catatan istimewa di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pelatih Shin Tae-yong juga pantas mendapatkan apresiasi dari penggemar sepak bola di Tanah Air. Pasalnya, Shin Tae-yong sukses menghapus kutukan tak pernah menang melawan Vietnam.

Sebelumnya, pelatih berusia 51 tahun itu selalu gagal membawa Indonesia menang melawan Vietnam di berbagai kelompok umur. Tercatat, sudah ada empat laga Timnas Indonesia gagal menang atas Vietnam sejak diasuh Shin Tae-yong . Tapi pada pertemuan kelima, STY akhirnya menghapus rekor buruk itu.

8. Shin Tae-yong Pembawa Perubahan

Kehadiran Shin Tae-yong di sepak bola Tanah Air setidaknya mampu membawa perubahan untuk permainan Timnas Indonesia. Betapa tidak, pelatih dari Negeri K-Pop itu sukses membawa dua kelompok usia mentas di turnamen bergengsi.

Pertama, Shin Tae-yong berhasil mengantarkan Timnas senior Indonesia tampil di Piala Asia 2023. Kala itu, skuad Garuda lolos sebagai runner up terbaik berkat koleksi enam poin. Terbaru, Shin Tae-yong mengantarkan Timnas Indonesia U-20 mentas di Piala Asia U-20 2023. Tak tanggung-tanggung, pelatih berusia 51 tahun itu membuat catatan sempurna dikualifikasi dengan belum terkalahkan dalam tiga pertandingan Grup F.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.