Sukses

5 Alasan Mengapa Berteman dengan Mantan Kekasih Bisa Jadi Hal yang Buruk

Ada beberapa alasan yang memberi tahu Anda mengapa tetap berteman dengan mantan pasangan bisa menjadi keputusan yang buruk bagi Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jawabanmu jika kita bertanya, "Bisakah mantan kekasih tetap berteman?" Tidak bisa disangkal jika Anda berkeliling mencari pendapat tentang apakah mantan kekasih harus berteman atau tidak, Anda akan mendapatkan berbagai jawaban. 

Sebagian besar jawaban ini akan saling bertentangan. Anda tidak akan setuju bahwa seringkali pasangan tidak ingin tetap berhubungan dengan mantan pasangan mereka setelah putus.

Mereka menyimpan dendam dan terus memiliki perasaan benci. Tetapi jika Anda masih bertanya-tanya apakah Anda harus berteman dengan mantan pasangan Anda, maka Anda perlu tahu bahwa melakukannya membutuhkan kedewasaan emosional, batasan yang sehat, dan komunikasi yang efektif.

Masih ada beberapa alasan yang memberi tahu Anda mengapa tetap berteman dengan mantan pacar bisa menjadi keputusan yang buruk bagi Anda. Jika Anda bertanya-tanya apa alasannya, berikut jawabannya dilansir dari Boldsky, Rabu (20/7/2022).

1. Anda Mungkin Merasa Canggung 

Saat Anda memutuskan untuk berteman dengan mantan pasangan, kemungkinan besar Anda akan menghadapi beberapa kecanggungan. Ini karena ada saat ketika Anda berdua dekat satu sama lain dan berbagi ikatan romantis dan sekarang Anda lebih seperti orang asing satu sama lain.

Ada kalanya Anda berdua tidak dapat mengatasi momen canggung dan merasa tidak nyaman berada di sekitar satu sama lain. Misalnya, Anda mungkin tersipu setelah mantan pasangan memuji Anda atau Anda mungkin merasa malu jika dia menunjukkan beberapa kebiasaan aneh Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Selanjutnya

2. Anda Mungkin Tidak Bisa Move On 

Jadi, jika Anda sudah memutuskan untuk berteman dengan mantan pasangan, kemungkinan besar Anda tidak akan bisa move on. Setiap kali Anda bertemu atau mengunjungi kembali tempat-tempat di mana Anda menghabiskan waktu bersama, Anda mungkin merasa kecewa karena tidak lagi bersama.

Selain itu, karena Anda akan bertemu dengannya sesekali, ada kemungkinan besar, Anda dapat mengingat saat-saat manis yang dihabiskan bersama.

3. Anda Mungkin Tidak Saling Percaya Seperti Sebelumnya 

Jika Anda memutuskan hubungan karena beberapa masalah kepercayaan, maka ada kemungkinan bahwa setelah berteman dengan mantan pasangan Anda, Anda mungkin tidak saling percaya. 

Ada kemungkinan bahwa sesekali, Anda mungkin meragukannya. Bahkan jika Anda mencoba yang terbaik, Anda mungkin tidak dapat meyakinkan diri sendiri untuk saling percaya seperti yang Anda lakukan sebelumnya.

Pikiran Anda akan sering mengingatkan mengapa Anda berhenti saling percaya. Karena itu, Anda mungkin mulai mencurigai niatnya, meskipun sebenarnya tidak ada hal seperti itu.

 

3 dari 3 halaman

Alasan Selanjutnya

4. Anda Mungkin Akhirnya Saling Menyalahkan 

Meskipun Anda memutuskan untuk berteman dengan pasangan Anda, Anda mungkin tidak pernah tahu kapan obrolan kecil Anda akan berubah menjadi saling menyalahkan yang buruk.

Saat Anda duduk untuk mengenang kenangan lama Anda, mungkin ada momen kecil di mana Anda mulai saling menunjuk untuk perpisahan dan penderitaan Anda. Anda bahkan dapat menunjukkan kesalahan dan ketidaksempurnaan satu sama lain. Bahkan jika Anda tidak mau, Anda mungkin akhirnya mengatakan hal-hal kasar satu sama lain.

5. Anda Mungkin Diam-Diam Berharap untuk Balikan

Meskipun ada saat ketika Anda dan mantan pasangan Anda tidak ingin tetap bersama, Anda mungkin diam-diam berharap untuk kembali bersama.

Melihat mantan pasangan Anda berevolusi menjadi manusia yang lebih baik dan berada di dekat Anda hampir sepanjang waktu, Anda mungkin berharap jika Anda masih menjalin hubungan.

Tidak hanya itu, tetapi jika Anda menjalin hubungan baru, ada kemungkinan keinginan untuk bersama mantan pasangan Anda dapat merusak persamaan Anda dengan pasangan Anda saat ini.

Nah, masih banyak lagi alasan yang mengatakan mengapa berteman dengan mantan adalah keputusan yang buruk. Tetapi poin-poin yang disebutkan di atas adalah beberapa poin penting yang perlu Anda ingat sebelum memutuskan apakah Anda harus berteman dengan mantan pasangan Anda.

Kami tidak mengatakan Anda tidak boleh berteman dengannya. Sebenarnya, jika Anda secara emosional matang dan tahu bagaimana menghadapi situasi yang disebutkan di atas, maka Anda benar-benar dapat menumbuhkan ikatan persahabatan dengan mantan pasangan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.