Sukses

5 Rutinitas Sebelum Tidur yang Bantu Cegah Munculnya Jerawat

Liputan6.com, Jakarta - Kesal karena jerawat di wajah tak kunjung mereda bahkan malah terus bermunculan? Hal itu wajar dirasakan apalagi jika segala macam perawatan sudah Anda lakukan, mulai dari perawatan alami, rutin memakai skincare, hingga menjalani perawatan medis.

Nah, terlepas dari perawatan yang Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat, ada baiknya Anda juga melakukan tindakan untuk membantu mencegah munculnya jerawat. Termasuk dengan mengubah gaya hidup dan mulai menjalani rutinitas yang menyehatkan.

“Hal terpenting yang dapat Anda lakukan dalam mencegah atau meminimalkan jerawat adalah mengurangi stres dalam hidup Anda,” kata dokter kulit Ivy Lee, MD, dari Pasadena Premier Dermatology di California, seperti dikutip dari Web MD, Jumat (3/6/2022).

Menurut Lee, jumlah minyak atau sebum secara langsung dipengaruhi oleh stres. Semakin banyak stres (fisik dan emosional) yang Anda rasakan, semakin tinggi kadar kortisol dalam tubuh dan semakin aktif kelenjar sebaceous di kulit.

Untuk diketahui, hormon kortisol berperan dalam memengaruhi respons tubuh terhadap stres, baik secara fisiologis maupun psikologis. Hormon ini dihasilkan secara alami oleh tubuh ketika menghadapi kondisi atau situasi tertentu, bahkan saat mengalami tekanan psikis.

Selain itu, penting juga agar Anda menerapkan rutinitas yang baik sebelum tidur untuk mencegah munculnya jerawat. Berikut rutinitas sederhana yang perlu Anda lakukan sebelum tidur untuk mencegah jerawat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Wajib Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Rutinitas yang tidak boleh terlewatkan sebelum tidur adalah membersihkan wajah. Penting untuk membersihkan setiap partikel debu dari wajah sebelum Anda tidur.

Dimulai dari menghapus makeup Anda menggunakan micelar water yang dilanjutkan mencuci muka dengan face wash sebagai upaya double cleansing.

Setelah membersihkan wajah, Anda dapat mengoleskan sedikit face mist atau beberapa tetes minyak organik untuk meremajakan kulit wajah. Boleh juga dilanjutkan dengan pemakaian night cream agar perawatan kulit wajah di malam hari kian sempurna.

2. Pastikan Telah Mengikat Rambut

Jangan biarkan masalah rambut, justru menjadi masalah kulit Anda. Saat hendak pergi tidur, pastikan Anda telah mengikat rambut dengan gaya kuncir kuda yang rapi atau gaya anyaman.

Untuk pemilik rambut pendek, maka solusinya harus dijepit. Dengan cara tersebut, Anda dapat memastikan bahwa rambut tidak jatuh ke wajah saat sedang tidur.

3 dari 4 halaman

3. Perhatikan Kebersihan Sarung Bantal

Sarung bantal, sprei dan selimut yang Anda pakai saat tidur punya peran sangat penting dalam upaya perawatan dan pencegahan jerawat di wajah Anda. Ada baiknya Anda memastikan perlengkapan tidur tersebut bersih dan dicuci secara teratur.

Pasalnya, saat Anda tidur, minyak dan debu dari rambut akan menempel di sarung bantal yang bisa menimbulkan jerawat. Karena itu, sarung bantal harus diganti, idealnya setiap sekali setiap minggu.

4. Atur Posisi Tidur

Posisi tidur secara signifikan dapat memengaruhi penambahan maupun berkurangnya jerawat Anda. Jika Anda terbiasa tidur tengkurap, kemungkinan besar Anda akan memiliki jerawat di sebagian besar area depan wajah.

Sementara itu, jika Anda tidur menyamping, kemungkinan besar Anda memiliki jerawat di sisi wajah Anda, termasuk di pipi. Tidur telentang merupakan posisi paling tepat, sebab hanya ada sedikit kontak antara permukaan dan wajah Anda dalam posisi tidur ini.

4 dari 4 halaman

5. Jaga Kualitas Tidur

Selain empat rutinitas yang telah disebutkan di atas, hal yang tak kalah penting untuk dilakukan dalam mencegah jerawat yaitu dengan menjaga kualitas tidur. Apakah Anda tidur terlalu larut dan bangun terlalu pagi? Atau tidur Anda yang kurang nyenyak?

Jika Anda tidak mendapatkan tidur yang nyenyak, tubuh Anda mungkin tidak merasa istirahat dan dapat memicu lonjakan kortisol, yang dapat membuat Anda berisiko mengalami lebih banyak jerawat. Karena ini, prioritaskanlah kualitas tidur Anda agar kesehatan kulit wajah Anda pun terhindar dari jerawat.