Sukses

4 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita memilih mandi air panas untuk menenangkan tubuh setelah beraktivitas. Namun, mandi air dingin sebenarnya jauh lebih baik untuk Anda.

Mandi air dingin tidak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Lebih dari itu, mandi air dingin bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Untuk itu, ketahui apa saja manfaat mandi air dingin bagi kesehatan dan kecantikan, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (24/5/2022).

1. Membantu Anda tidur lebih nyenyak

Meskipun kebanyakan individu terbiasa mandi air hangat atau mandi sebelum tidur, mandi dengan air dingin sebenarnya bisa sama efektifnya.

Air dingin menurunkan kadar hormon stresmu, membantu Anda rileks dan tertidur lebih cepat. Mandi air dingin juga bisa meningkatkan suasana hatimu dan meningkatkan hormon perasaan baikmu, juga bisa mencegah insomnia.

2. Membuat rambut berkilau

Jika Anda ingin rambutmu lebat dan sehat, menghabiskan banyak uang untuk sampo dan kondisioner saja tidak cukup. Sesuatu yang sederhana seperti menurunkan suhu air bisa bermanfaat bagi rambutmu dan membuatnya bersinar alami.

Tidak seperti air panas, air dingin tidak mengeringkan rambutmu dan menutup serta memperkuat kutikula rambut.

Saat Anda mencuci rambut dengan air yang sedikit dingin, lapisan sebum tetap utuh dan rambutmu membutuhkan penghalang yang dilumasi secara alami ini agar tetap terhidrasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat lainnya

3. Membantu menurunkan berat badan

Banyak individu melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, tentu itu sangat melelahkan. Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk membantu menurunkan berat badan, salah satunya dengan mandi air dingin.

Ketika Anda mengekspos tubuhmu ke kondisi dingin, itu mengaktifkan sel-sel lemak coklat yang pada gilirannya menghasilkan panas dan membantumu membakar kalori lebih cepat.

4. Bermanfaat bagi berbagai bagian tubuh

Selain membuat tubuhmu segar, mandi air dingin bisa merangsang saraf vagus Anda. Saraf ini mempengaruhi hampir setiap bagian tubuhmu, termasuk usus, jantung, kantong empedu dan organ kesuburan.

Mandi air dingin bisa sangat bermanfaat bagi ginjalmu karena air dingin mengurangi kadar asam urat, membantu ginjal Anda mengatasi beban racun dengan lebih mudah.

3 dari 4 halaman

Manfaat mandi di malam hari

Ternyata, ada cukup banyak manfaat mandi malam hari bagi kesehatan dan penampilanmu. Dilansir dari Brightside, berikut ulasannya.

1. Membantu Anda Lebih Cepat Tidur

Mandi malam membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, dan ketika Anda melakukannya pada waktu yang tepat, itu juga dapat memberi Anda waktu tidur yang lebih baik.

Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu Anda tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh Anda, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal ke tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

2. Lebih Baik untuk Kulit Anda

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu mencegah jerawat. Rambut mengumpulkan bakteri dan penumpukan produk sepanjang hari, dan saat kepala Anda menyentuh bantal, semua kotoran ini dipindahkan ke sarung bantal Anda, dan kemudian ke wajah Anda.

Karena kulit beregenerasi saat tidur, tidur dengan kulit bersih dan segar juga berarti sel-sel kulit baru Anda akan sehat.

3. Rambut Lebih Sehat

Jika Anda mencuci rambut di malam hari, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengeringkannya secara alami.

Ini, pada gilirannya, akan membuat rambut Anda berkilau lebih lama, karena membantu mengunci kelembaban. Mengeringkan rambut dengan cepat di pagi hari dapat merusak helaian rambut, membuatnya lemah dan kusam.

4 dari 4 halaman

4. Mencegah Kram Otot

Jika otot Anda terasa nyeri di sore hari setelah seharian bekerja, mandi air hangat dapat membantu meredakan sensasi yang tidak menyenangkan itu.

Saat air hangat mengenai tubuh Anda, ini membantu menenangkan ketegangan otot dan meningkatkan tidur malam yang lebih baik. Mandi air hangat juga dapat mencegah kram kaki di malam hari, suatu kondisi umum yang mempengaruhi hingga 60 persen orang.

5. Melawan Keringat Berlebih

Meskipun mandi pagi adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari, mandi di malam hari sebenarnya dapat membantu Anda mencegah bau badan.

Mandi air dingin sebelum tidur dapat membantu mengurangi keringat di malam hari yang diidap banyak individu.