Sukses

AstraZeneca Klaim Temukan Terapi Obat yang Dapat Menetralkan Subvarian Omicron

AstraZeneca mengatakan koktail berbasis antibodi untuk mencegah dan mengobati COVID-19 terbukti mempertahankan aktivitas penetralan terhadap varian virus corona Omicron.

Liputan6.com, Jakarta - AstraZeneca mengatakan koktail berbasis antibodi untuk mencegah dan mengobati COVID-19 terbukti mempertahankan aktivitas penetralan terhadap varian virus corona Omicron, termasuk sub-varian BA.2 yang sangat menular, dalam sebuah studi laboratorium independen.

 

Dilansir dari Channel News Asia, data dari studi oleh Universitas Washington menunjukkan terapi itu mengurangi jumlah virus yang terdeteksi dalam sampel semua subvarian Omicron yang diuji di paru-paru tikus, kata pembuat obat yang terdaftar di London itu, Senin (21/3/2022).

Studi ini belum ditinjau oleh rekan sejawat. Terapi Evusheld, diuji terhadap subvarian BA.1, BA.1.1, dan BA.2 dari Omicron dan juga terbukti membatasi peradangan di paru-paru.

"Temuan ini lebih lanjut mendukung Evusheld sebagai opsi penting yang potensial untuk membantu melindungi pasien yang rentan seperti gangguan kekebalan yang dapat menghadapi hasil buruk jika mereka terinfeksi COVID-19," kata eksekutif senior AstraZeneca John Perez.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

BA.2 mulai mewabah

Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengatakan pekan lalu angka yang menunjukkan peningkatan global dalam kasus COVID-19 dapat menjadi masalah yang jauh lebih besar, karena varian Omicron dan BA.2 menyebar di tengah pelonggaran pembatasan dan pengujian.

 

3 dari 5 halaman

Bergantung pada sistem kekebalan yang utuh

Vaksin bergantung pada sistem kekebalan yang utuh untuk mengembangkan antibodi yang ditargetkan dan sel penangkal infeksi, tetapi Evusheld mengandung antibodi buatan laboratorium yang dirancang untuk bertahan di dalam tubuh selama berbulan-bulan untuk menahan virus jika terjadi infeksi.

4 dari 5 halaman

Sedang dalam peninjauan

Hasilnya muncul setelah Inggris pekan lalu menyetujui terapi untuk mencegah infeksi pada orang dewasa dengan respons imun yang buruk. Evusheld saat ini sedang dalam peninjauan Eropa dan telah disahkan di Amerika Serikat.

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • AstraZeneca plc adalah sebuah perusahaan farmasi dan biofarmasi multinasional yang berkantor pusat di Cambridge, Inggris.
    AstraZeneca plc adalah sebuah perusahaan farmasi dan biofarmasi multinasional yang berkantor pusat di Cambridge, Inggris.

    AstraZeneca