Sukses

8 Manfaat Pelukan dan Efeknya pada Kesehatan Tubuh Anda

Berikut ini beberapa manfaat pelukan dan efeknya pada kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Terkadang hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk seseorang adalah menawarkan kenyamanan, kehangatan, dan cinta dengan sesuatu yang sederhana seperti pelukan. Dan jika Anda bukan penggemar berat sentuhan fisik, Anda mungkin berubah pikiran saat mempelajari semua tentang betapa kuatnya sentuhan itu bagi kesehatan mental dan fisik kita.

Memeluk akan mengomunikasikan kepada orang yang Anda cintai bahwa mereka aman dan tidak sendirian, dan kita semua merasa ingin dipeluk pada satu titik.

Berikut ini adalah penjelasan manfaat dari pelukan dan bagaimana lamanya pelukan dapat memengaruhi tubuh Anda. Dihimpun dari Brightside, ini dia.

1. Mengapa sentuhan manusia sangat penting

Sentuhan manusia adalah bentuk komunikasi yang paling intim dan secara alami membawa manfaat paling besar. Orang yang merasa kesepian seringkali menyadari bahwa ada sesuatu yang hilang, tetapi kita tidak menyadari bahwa itu adalah sesuatu yang sederhana seperti pelukan.

Menurut sebuah survei, yang diikuti oleh 40.000 orang, kata-kata yang paling umum dikaitkan dengan sentuhan adalah "menghibur", "hangat", dan "cinta".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mengapa pelukan lebih lama lebih baik bagi kita?

Orang-orang terbiasa dengan pelukan pendek, tetapi ada alasan besar mengapa kita harus mencoba membuatnya lebih lama mulai sekarang. Sebuah penelitian dilakukan tentang durasi pelukan, di mana partisipan harus berpelukan selama 1, 5, dan 10 detik.

Hasilnya menunjukkan bahwa pelukan 1 detik dianggap paling tidak menyenangkan, sedangkan pelukan 10 detik menghasilkan kesenangan paling banyak. Manfaat pelukan sederhana sangat besar, dan menambahkan sentuhan ekstra, seperti gosok punggung, hanya akan meningkatkannya.

 

3 dari 5 halaman

3. Pelukan dapat mengurangi stres, yang akan meningkatkan kebahagiaan

Pelukan menghasilkan salah satu "hormon bahagia," atau oksitosin, yang sering disebut hormon "pelukan" atau "cinta". Semakin lama kita menyentuh atau memeluk, semakin banyak yang dihasilkan dan semakin baik perasaan kita. Terbukti bahwa hormon tersebut memiliki efek anti-stres.

4. Kekuatan pelukan memerangi kecemasan dan ketakutan

Memeluk dapat memiliki manfaat yang signifikan bagi orang-orang dengan kecemasan, harga diri rendah, dan lebih khusus lagi, mereka yang takut akan kematian.

Penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang mengalami perasaan tersebut mungkin ingin disentuh sebagai cara untuk merasakan kenyamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang disentuh mengalami kecemasan eksistensial yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang lain yang tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain.

 

4 dari 5 halaman

5. Memeluk dapat mengurangi kemungkinan Anda sakit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menerima dukungan sosial dan pelukan dapat sedikit lebih terlindungi dari infeksi. Sebanyak 404 orang dewasa yang sehat berpartisipasi di dalamnya, dan setelah menerima pelukan, mereka terkena virus flu biasa dan kemudian dipantau untuk tanda-tanda penyakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan dan pelukan mengurangi risiko infeksi.

6. Sentuhan fisik dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda

Menurut penelitian ini, pelukan dapat memiliki manfaat jantung yang signifikan pada manusia. Para peneliti membagi kelompok yang terdiri dari 200 orang menjadi 2 kelompok.

Yang pertama, pasangan harus berpegangan tangan selama 10 menit sambil menonton video romantis lalu berpelukan selama 20 detik, dan kelompok kedua harus duduk diam tanpa bersentuhan selama 10 menit 20 detik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dalam "kelompok yang penuh kasih sayang" menunjukkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah.

 

5 dari 5 halaman

7. Sentuhan dapat mengurangi rasa sakit fisik Anda

Disentuh atau dipegang oleh orang yang dicintai tidak hanya memberi Anda manfaat psikologis, tetapi juga fisiologis. Menurut sebuah penelitian, disentuh oleh seseorang yang Anda cintai dapat meredakan rasa sakit.

Sebanyak 22 pasangan diamati saat berpartisipasi dalam tes, meniru pengalaman berada di ruang bersalin. Para wanita yang mengalami rasa sakit dan yang pasangannya tidak menyentuh mereka merasakannya. Namun, ketika pasangan pria memegang tangan mereka, rasa sakit wanita berkurang.

8. Jumlah pelukan yang kita butuhkan untuk tetap bahagia dan sehat

Menurut terapis keluarga, Virginia Satir, ada formula sederhana. Empat pelukan sehari adalah untuk bertahan hidup. Delapan pelukan sehari untuk perawatan. Dan 12 pelukan sehari untuk pertumbuhan.

Yang benar adalah, kita membutuhkan sebanyak yang kita bisa. Pelukan tidak memiliki efek negatif, sedangkan manfaatnya terlalu penting untuk diabaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.