Sukses

Jarang Disadari, 5 Kebiasaan yang Bikin Kulit Wajah Cepat Menua

Berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa menghalangimu untuk mendapatkan kulit mulus dan awet muda.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu mengindamkan kulit sehat, bersih dan awet muda. Berbagai cara pun dilakukan demi mendapatkan kulit wajah impian, mulai dari menggunakan produk kecantikan hingga melakukan perawatan kulit. 

Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa menyabotase semua upayamu. Beberapa kebiasaan ini bahkan tidak mudah dihilangkan, tapi jika Anda bisa melakukannya ini akan menjadi pilihan yang baik untuk kulitmu.

Nah, berikut kebiasaan sehari-hari yang bisa menghalangimu untuk mendapatkan kulit mulus dan awet muda, seperti melansir dari Bright Side, Senin (24/1/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Minum banyak kopi

Banyak dari kita tidak bisa membayangkan hari tanpa secangkir kopi. Tapi, terlalu sering menikmati kopi justru bisa membuat kulitmu terlihat lebih tua. 

Karena kopi bersifat diuretik, kopi sedikit membuat tubuhmu dehidrasi, yang pada gilirannya mempengaruhi kulitmu, membuatnya terlihat kusam dan berkerut.   

3 dari 6 halaman

2. Sering mengucek mata

Menggosok mata memang akan memberikan kelegaan setelah menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar gadget. Namun, kebiasaan ini bisa membuat mata menjadi kemerahan dan mengeringkan kulit di sekitarnya. 

Karena kulit di bawah matamu sangat tipis dan halus, menggosoknya bisa merusak pembuluh darah di bawah permukaannya, yang menyebabkan lingkaran hitam.

Menggosok mata secara terus-menerus juga bisa mengendurkan kulit di sekitar mata dan meregangkan jaringan, yang menyebabkan munculnya kerutan pada mata yang sangat sulit untuk dihilangkan.

4 dari 6 halaman

3. Tidur tengkurap

Setiap individu memiliki posisi tidur favorit yang terasa nyaman dan membantu kita tertidur lebih cepat. Namun, beberapa di antaranya bisa menyebabkan kerutan dan garis-garis halus. 

Saat Anda tidur tengkurap, wajahmu didorong ke atas bantal, menyebabkan kulitmu membentuk kerutan vertikal.

Dan karena ini terjadi setiap malam, kerutan ini berulang kali diperkuat dan akhirnya bisa menjadi permanen.

5 dari 6 halaman

4. Menggunakan sabun batangan

Sebatang sabun yang lucu memang terlihat bagus di kamar mandi, tapi sebenarnya bisa sangat keras untuk kulitmu. 

Sabun batangan sering mengandung bahan-bahan yang mengganggu tingkat pH kulitmu, menyebabkannya kehilangan minyak alami dan membuatnya terlihat kering dan berkerut.

Alih-alih menggunakan sabun batangan, pilihlah pembersih yang lembut dengan bahan-bahan ringan, yang dibuat khusus untuk jenis kulitmu.

6 dari 6 halaman

5. Menjilat bibir

Banyak dari kita sering kali menjilat bibir agar lebih lembab. Namun dalam jangka panjang, kebiasaan itu akan menyebabkan kulit halus di bibirmu menjadi pecah-pecah dan dehidrasi. 

Air liurmu mengandung enzim yang benar-benar bisa mengeringkan bibir dan merusak pelindungnya saat menguap.

Untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan menjilat bibir, selalu bawa lip balm favoritmu atau di simpat di dekat tempat tidurmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.