Sukses

Perhatikan Hal Penting Ini Agar Terhindar dari Omicron

Dr Fauci mengatakan Anda harus mengenakan jenis masker yang tepat di tengah Omicron.

Liputan6.com, Jakarta Ada lebih dari satu juta kasus COVID-19 yang dilaporkan di AS pada 10 Januari, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Angka mengejutkan itu merupakan bagian dari lonjakan yang dibawa oleh varian Omicron, yang menyebar begitu cepat sehingga diperkirakan sudah mencapai lebih dari 95 persen kasus di negara tersebut. 

Sementara versi COVID-19 ini menyebabkan infeksi terobosan di antara orang yang divaksinasi penuh, para ahli virus terus memperingatkan bahwa yang tidak divaksinasi tetap berada pada risiko tertinggi. Tetapi jika Anda sudah divaksinasi dan mendapat booster, apa lagi yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri Anda sendiri saat Omicron terus menyebar? 

Dilansir bestlifeonline, penasihat COVID-19 Gedung Putih Top Anthony Fauci, MD, baru saja memberikan wawasan baru tentang bagaimana menjaga diri Anda lebih aman selama masa yang berbahaya ini. Dr Fauci mengatakan Anda harus mengenakan jenis masker yang tepat di tengah Omicron.

Masker sekali lagi menjadi topik pembicaraan penting karena varian Omicron yang sangat menular beredar di seluruh AS. Banyak pakar virus telah memperingatkan sejak varian Delta bahwa masker kain tidak cukup melindungi Anda terhadap varian COVID yang lebih menular. Dan dalam wawancara baru dengan CNN, Dr Fauci menegaskan bahwa memakai jenis masker yang tepat itu penting saat ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Penggunaan Masker

Pada saat yang sama, tidak ada satu jawaban yang benar dalam memilih masker terbaik untuk melindungi diri Anda dari Omicron. Menurut pakar penyakit menular, mungkin Anda harus menemukan masker paling protektif yang Anda rasa bisa Anda pakai secara konsisten.

"Saya sarankan Anda mendapatkan masker kualitas tertinggi yang dapat Anda toleransi dan tersedia untuk Anda," kata Fauci kepada Anderson Cooper dari CNN pada 11 Januari. Ini berarti Anda mungkin bisa mencari masker N95.

Menurut CDC, respirator N95 yang dipasang dengan benar yang telah disetujui oleh Institut Nasional untuk Keselamatan & Kesehatan Kerja AS dapat menyaring hingga 95 persen partikel di udara, menjadikannya masker paling protektif terhadap COVID. 

Tetapi untuk sebagian besar pandemi, pedoman CDC menyatakan bahwa masker bedah dan respirator N95 harus disediakan untuk petugas kesehatan. Dr Fauci mengatakan bahwa pedoman semacam ini tidak lagi berlaku, karena persediaan masker ini tidak lagi terbatas. 

Saat ini, sepertinya tidak ada kekurangan masker yang beberapa waktu lalu tidak tersedia,” katanya. "Jika Anda bisa mentolerir N95, lakukanlah. Jika Anda ingin mendapatkan KN95, tidak apa-apa."

3 dari 3 halaman

Masker yang Nyaman

CDC juga telah membahas penggunaan masker yang tepat saat penyebaran Omicron berlanjut. Selama konferensi pers Gedung Putih pada 12 Januari, Rochelle Walensky, MD, direktur CDC, mengatakan bahwa badan kesehatan tersebut masih merekomendasikan agar orang-orang di AS memakai masker yang "pas" untuk melindungi diri mereka dari varian COVID yang lebih baru ini. Tapi selain pas, Walensky menggemakan saran Dr Fauci dan mengatakan masker yang harus Anda kenakan sekarang juga harus nyaman. 

"Masker terbaik yang Anda kenakan adalah yang akan Anda pakai dan yang bisa Anda pakai sepanjang hari dan yang bisa Anda toleransi di tempat umum, di dalam ruangan, dan tahan di mana pun Anda perlu memakainya," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.