Sukses

Penting, 3 Tanda Pada Kulit yang Mengharuskan Anda Ubah Pola Makan

Pola makan yang tidak baik dapat berpengaruh pada kesehatan kulit Anda

Liputan6.com, Jakarta - Pola makan yang sehat pastinya dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda. Jika Anda mengalami kulit kering atau ruam, kondisi tersebut dapat menunjukkan bahwa Anda perlu mempertimbangkan kembali pola makan Anda saat ini. 

Mungkin saja, tanda-tanda tersebut akan hilang jika Anda menghindari makanan yang kurang sehat atau mengubah pola makan.

Pola makan sehat dapat mengubah penampilan kulit Anda. Memiliki jerawat di wajah atau kondisi kulit yang berminyak, juga menjadi salah satu penyebab dari pola makan yang dijalani.

Sementara itu seorang ahli gizi, Kyle Crowley bekerja sama dengan spesialis kulit, Dr. Stephen Humble mengeksplorasi bagaimana mengubah kebiasaan diet bisa memperbaiki kondisi kulit.

Merangkum dari The Sun, Jumat (24/9/2021), berikut beberapa tanda pada kulit yang menunjukkan Anda harus mengubah pola makan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kulit kering, eksim dan psoriasis

Masalah paling umum yang dihadapi banyak individu yakni kulit kering. Jika Anda mengalami kondisi kulit kering, itu disebabkan karena Anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. 

Untuk itu, vitamin D terbukti efektif dalam memperbaiki masalah kulit yang menyebabkan kulit kering, termasuk eksim dan psoriasis. Humble menjelaskan bahwa penting untuk menjalani diet yang kaya akan berbagai vitamin. 

Anda dapat mengonsumsi lebih banyak telur, minyak ikan, daging merah dan jamur jika ingin meningkatkan vitamin. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa suplemen vitamin D.

3 dari 4 halaman

2. Jerawat dan kulit berminyak

Munculnya jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Makanan seperti roti, nasi putih dan gula dapat meningkatkan gula darah secara lebih cepat.

Kondisi ini dapat memicu kita melepaskan insulin yang menyebabkan kelenjar memproduksi lebih banyak sebum yang bisa menyumbat pori-pori. 

Hal ini dapat meningkatkan jerawat dan kondisi kulit yang berminyak. Untuk mengurangi risiko munculnya jerawat dan kulit berminyak, Anda dapat menghindari atau mengurangi asupan makanan-makanan tersebut. 

Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang dapat membantu mencegah kondisi kulit tersebut. 

4 dari 4 halaman

3. Garis halus dan kerutan

Kolagen adalah protein yang sangat penting untuk membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Kylie mengatakan bahwa vitamin C juga menjadi kunci yang penting dalam mengatasi masalah ini. 

Selain itu, Humble juga menambahkan bahwa mineral sama pentingnya dalam menjaga kesehatan kulit untuk mencegah kerutan dan garis-garis halus. Keduanya dapat membantu dalam menjaga fungsi metabolisme dan kekebalan kulit. Bila Anda kekurangan asupan vitamin C dan mineral, maka akan lebih rentan terhadap penuaan dini.

Sebagai solusinya, Anda dapat mengonsumsi buah jeruk atau kiwi yang mengandung vitamin C. Selain itu, tambahkan juga bayam atau brokoli ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan tambahan seng. 

 

Penulis:

Stephanie

Universitas Multimedia Nusantara0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.