Sukses

7 Pikiran Beracun yang Merusak Hidup dan Cara Menghilangkannya

Pikiran-pikiran seperti ini dapat mengganggu hidup Anda

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang pikiran kita sendiri dapat secara serius merusak kesehatan mental, harga diri, dan kesehatan kita secara keseluruhan. Jadi, penting untuk mengenali jenis pemikiran tertentu yang tidak baik untuk kita.

Misalnya, jika seseorang memuji kita atas pencapaian kita, kita tidak boleh mengabaikannya dan mengatakan itu bukan masalah besar. Sebaliknya, kita harus menerima pujian itu dan mengakui pada diri sendiri bahwa kita memang pantas mendapatkannya.

Berikut ini pikiran-pikiran beracun yang sebaiknya Anda singkirkan untuk mendapatkan perubahan positif dalam hidup. Melansir dari Brightside.me, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Anda berpikir secara ekstrem

Berpikir secara ekstrem disebut berpikir berlebihan. Anda merasa harus menjadi sempurna. Misalnya di rumah, Anda harus menjadi ibu atau istri terbaik, dan jika ada aspek kecil dari peran yang tidak Anda penuhi, Anda mulai merasa bersalah dan kecewa pada diri sendiri.

Biarkan diri Anda menjadi tidak sempurna. Misalnya, jika Anda sadar diri tentang menari saat orang lain ada di sekitar, jangan berpikir, “Saya penari yang buruk. Semua orang akan menatapku dan berpikir aku terlihat bodoh.”

Alih-alih, pikirkan, “Saya suka menari, jadi saya hanya akan menikmati diri saya sendiri. Dan saya mungkin tidak akan melihat orang-orang ini lagi, jadi tidak masalah apa yang mereka pikirkan.”

3 dari 8 halaman

2. Anda terlalu menggeneralisasi sesuatu

Terkadang beberapa hasil negatif dapat membuat Anda berpikir bahwa segala sesuatu yang mengikutinya akan sama menyedihkannya. Misalnya, jika Anda tidak mendapatkan tawaran pekerjaan setelah beberapa wawancara berturut-turut, Anda mungkin berpikir, “Saya pecundang. Saya tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan.”

Sebaliknya, cobalah untuk melihat diri Anda dan dunia di sekitar Anda dengan cara yang lebih realistis. Terimalah bahwa kemunduran terjadi dan itu tidak menentukan siapa Anda atau apa yang akan terjadi selanjutnya.

Ingatlah bahwa keterampilan yang Anda miliki sangat berharga dan Anda tetap menjadi orang yang berharga terlepas dari penolakan tersebut.

4 dari 8 halaman

3. Anda tidak menerima umpan balik positif

Anda mungkin merasa tidak pantas ketika seseorang memuji pekerjaan Anda. Jadi, ketika seseorang berkata, "Kamu telah melakukan pekerjaan yang hebat!" Anda berkata, "Terima kasih, tetapi siapa pun bisa melakukannya dengan baik."

Atau Anda hanya mengucapkan terima kasih, tetapi berpikir, "Dia hanya mengatakan itu untuk bersikap baik, tetapi dia tidak benar-benar bersungguh-sungguh." Dan dengan memikirkan itu, Anda memperkuat keyakinan Anda bahwa Anda tidak layak dipuji.

Belajarlah untuk menerima umpan balik positif dan tidak merendahkan harga diri Anda. Jadi, alih-alih mengabadikan citra diri negatif dalam pikiran Anda, percayalah bahwa siapa pun yang memuji Anda benar-benar bersungguh-sungguh, dan cobalah untuk merasa senang dengan hal itu.

5 dari 8 halaman

4. Anda membiarkan emosi mengendalikan keputusan Anda

Membuat kesimpulan tentang diri Anda atau hal-hal di sekitar Anda berdasarkan emosi adalah jenis pemikiran lain yang dapat menahan Anda untuk melakukan apa yang Anda inginkan dan mencapai tujuan Anda. Misalnya, Anda ingin memulai bisnis, tetapi Anda takut tidak akan berhasil dan Anda merasa kewalahan dengan seluruh prosesnya.

Jadi Anda mungkin berpikir, bahwa jika Anda sudah takut dan bingung, Anda sebenarnya tidak cocok untuk menjadi pengusaha. Namun, bagaimana sesuatu membuat Anda merasa tidak selalu seperti yang sebenarnya. Jika Anda memiliki pemikiran negatif sejak awal, Anda membuat diri Anda gagal.

Jadi, penting untuk menyingkirkan kekhawatiran itu, menghadapi ketakutan Anda, dan berpikir lebih positif tentang kemampuan Anda atau situasi yang dihadapi.

6 dari 8 halaman

5. Anda sering menyalahkan diri sendiri

Kita semua ingin merasa mengendalikan apa yang terjadi dalam hidup kita, jadi ketika sesuatu tidak terjadi seperti yang kita harapkan, kita mungkin menyalahkan diri kita sendiri, bahkan jika kita tidak bertanggung jawab.

Misalnya, jika anak Anda mendapat nilai buruk di sekolah, Anda mungkin berpikir bahwa Anda adalah orang tua yang buruk. Atau jika Anda memesan meja di restoran untuk Anda dan teman Anda, tetapi ketika Anda sampai di sana, mereka tidak memiliki catatan reservasi Anda, Anda mulai menyalahkan diri sendiri karena tidak cukup bertanggung jawab untuk memeriksa ulang apakah pemesanan berhasil, dan Anda pikir semua teman Anda juga menyalahkan Anda karena merusak malam mereka.

Meskipun pada kenyataannya, itu mungkin bukan kesalahan Anda sama sekali — mungkin orang yang memeriksa reservasi melewatkannya, atau ada kegagalan sistem.

Jadi, alih-alih menyalahkan diri sendiri terimalah bahwa ada beberapa hal yang berada di luar kendali Anda dan Anda tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan.

7 dari 8 halaman

6. Anda menggunakan kata-kata “harus” dan “seharusnya”

Dalam beberapa situasi, menggunakan kata-kata ini berarti menetapkan tujuan yang tidak realistis. Dan jika Anda tidak mencapainya, Anda merasa tidak enak dan melihat diri Anda sebagai orang yang gagal. Misalnya, Anda berpikir, "Saya harus berolahraga 5 kali seminggu." Dan kemudian jika Anda tidak melakukannya, Anda merasa sangat bersalah tentang hal itu, dan Anda pikir Anda tidak akan pernah memiliki cukup kemauan untuk melakukannya.

Sebaliknya, pikirkan "Saya bisa\memilih untuk berolahraga 5 kali seminggu." Jika Anda menggunakan kata-kata ini, Anda tidak akan merasa terkekang dalam tindakan Anda.

Anda akan memberi diri Anda lebih banyak kebebasan untuk memilih apa yang Anda bisa dan ingin lakukan. Dan Anda tidak akan merasa buruk jika Anda memutuskan untuk tidak berolahraga pada hari tertentu.

8 dari 8 halaman

7. Anda menyimpulkan sesuatu terlalu cepat

Anda tidak pernah bisa benar-benar tahu apa yang dipikirkan orang lain. Namun, terkadang kecemasan atau rasa tidak aman dapat membuat Anda membuat asumsi tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda, dan itu jarang menjadi sesuatu yang positif dalam pikiran Anda.

Misalnya, Anda mungkin merasa tidak percaya diri saat melihat seseorang menatap Anda. Anda berpikir mungkin ada sesuatu di gigi Anda, atau rambut Anda terlihat aneh. Padahal pada kenyataannya, orang itu tidak bisa menatap Anda sama sekali. Mereka mungkin hanya melihat ke kejauhan, tenggelam dalam pikirannya. Dan jika mereka benar-benar melihat Anda, mungkin mereka ingin memuji pakaian Anda, tetapi merasa terlalu malu untuk melakukannya.

Jangan biarkan kecemasan Anda mengendalikan bagaimana Anda berpikir dan merasa. Ketika Anda melihat otak Anda melakukan beberapa pembacaan pikiran dan hanya memilih skenario terburuk dari apa yang orang lain pikirkan, berhentilah di sana, dan bayangkan skenario terbaik saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.