Sukses

Pukul Kucing Pakai Besi hingga Lumpuh, Kakek 79 Tahun Terancam Bui

Baru-baru ini seorang pria menjalani sidang usai didakwa menyakiti seekor kucing hingga mengalami kelumpuhan.

Liputan6.com, Malaysia - Penyiksaan yang dilakukan manusia terhadap kucing jalanan semakin banyak terjadi di berbagai tempat.

Tak sedikit manusia yang kerap menyiksa dan memperlakukan binatang semena-mena. Entah bagaimana, manusia lupa kalau kucing juga makhluk hidup dan memiliki hak dasar yang harus dipenuhi.

Baru-baru ini seorang pria menjalani sidang usai didakwa menyakiti seekor kucing hingga mengalami kelumpuhan. Cosmos Chong Say Hun, seorang pensiunan guru ini telah menganiaya seekor kucing liar dengan besi tajam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kucing sebagai bukti penganiayaan

Seekor kucing bernama Baby dibawa ke pengadilan sebagai korban setelah dianiaya oleh Chong. Kucing tersebut menjadi korban penyiksaan usai dipukul dengan besi hingga menyebabkan lumpuh.

Berawal pada November 2020, Chong secara tidak wajar melemparkan batang besi tajam sepanjang 1,6 meter dan melukai kucing berwarna putih bintik hitam itu. Ia melemparnya di sebuah kompleks rumah di Lengkok Tembaga, Island Park, Malaysia.

Akibat perbuatan kejinya itu, dia didakwa berdasarkan Pasal 29 (1) (e) Undang-Undang Kesejahteraan Hewan dengan hukuman denda sekitar Rp 70 juta hingga Rp 352 juta atau penjara selama satu tahun. 

3 dari 3 halaman

Merasa tak bersalah

Meski begitu, pria berusia 79 tahun itu mengaku tak bersalah di pengadilan setelah dakwaan dibacakan kepadanya atas aksi yang tak manusiawi itu.

Chong diyakini telah melakukan pelanggaran setelah dia mengatakan bahwa kucing tersebut telah mengotori halaman rumputnya.

Kini, terdakwa dibebaskan tanpa jaminan dan akan kembali pada 19 April mendatang untuk kasus tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.