Sukses

3 Manfaat Jagung untuk Kulit Wajah, Hilangkan Bekas Cacar hingga Jerawat

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini sudah banyak skincare wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuhan, hewan, sayuran, hingga buah. Salah satu skincare yang sering digunakan yaitu masker. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa jagung dapat diolah menjadi masker wajah.

Jagung sendiri memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang berlimpah, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B1 dan B2. Jagung yang digunakan untuk masker yaitu yang masih muda.

Jagung dipercaya mampu memproduksi kolagen dan menghilangkan jerawat, karena kandungan linoleic acid pada minyak alami jagung. DIlansir dari berbagai sumber, Senin (25/01/2021), simak cara membuat masker dan manfaatnya untuk kulit wajah.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker

Jika ingin diolah menjadi masker wajah, pilih jagung manis yang masih muda. Berikut langkah-langkahnya:

1. Cuci jagung yang sudah dibeli hingga bersih

2. Rontokkan seluruh biji jagung ke dalam wadah

3. Pindahkan ke loyang dengan rapih, lalu masukkan ke dalam oven. Jika tidak punya oven, bisa dengan cara dijemur

4. Setelah kering, blender biji jagung tersebut hingga halus

5. Lalu, saring bubuk jagung yang sudah diblender. Sebelum disaring, pastikan bubuknya sudah kering. Jika masih lembab, bisa dikeringkan lagi

6. Setelah selesai disaring, masker jagung sudah bisa digunakan

Disarankan untuk menggunakan 1 atau 2 jagung. Sebab, bahan-bahan alami mudah basi sehingga tidak dapat bertahan terlalu lama.

3 dari 6 halaman

1. Menghilangkan Bekas Cacar

Sejak dulu, jagung sudah dipercaya dapat menghilangkan bekas cacar di wajah. Namun, sekarang ini belum banyak yang tahu bahwa jagung sangat bagus untuk perawatan kulit wajah.

Dengan rutin memakai masker jagung, kulit wajah akan menjadi bersih dan sehat. Tak hanya untuk bekas luka cacar, jagung juga dapat mengobati luka iritasi hingga jerawat. Kamu bisa memakai masker jagung seminggu tiga kali.

 

4 dari 6 halaman

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jagung memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Dengan kandungan tersebut, jagung dipercaya dapat memudarkan bekas jerawat pada kulit wajah. Kamu bisa memakai masker setiap hari sekali agar noda hitam bekas jerawat cepat hilang.

Namun, hasilnya tentu tidak cepat terlihat. Butuh kesabaran ekstra dan rutin memakainya untuk menghasilkan kulit bersih dan sehat secara maksimal.

5 dari 6 halaman

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ternyata, manfaat lain yang didapat dari perawatan menggunakan masker jagung yaitu mengangkat sel kulit mati. Sebab, andungan antioksidan dan pati jagung ini mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Selain menghasilkan kulit bersih dan lebih cerah, kulit wajah juga akan terlihat awet muda. Kamu bisa memakai masker jagung setiap hari sekali atau 3-4 kali dalam seminggu.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: