Sukses

Suka Mencorat-Coret? Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka mencorat-coret atau menggambar di atas kertas secara acak memiliki manfaat bagi kesehatan mental?

Sebagian dari kita tentu pernah mencorat-coret buku atau kertas ketika merasa bosan, baik di kelas saat mengikuti materi pelajaran, maupun di kantor saat sedang presentasi rapat.

Tanpa disadari, tangan Anda telah mencorat-coret dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Faktanya, pakar kesehatan mental mengungkapkan bahwa mencorat-coret secara acak juga memiliki manfaat, lo. Seperti melansir dari Boldsky, Rabu (21/1/2021), berikut deretan manfaat mencorat-coret bagi kesehatan mental.

2 dari 7 halaman

1. Membantu konsentrasi

Meskipun kontradiktif, sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mencorat-coret setelah rapat atau mendengar ceramah akan mengingat lebih banyak daripada yang tidak.

Para ahli menunjukkan, corat-coret memerlukan upaya kognitif yang cukup untuk mencegah Anda melamun sehingga membantu Anda berkonsentrasi. Artinya, mencorat-coret dapat membantu Anda lebih fokus dan tetap terlibat, serta menahan pikiran atau otak agar tidak teralihkan. 

3 dari 7 halaman

2. Membantu memproses emosi

Beberapa penelitian setuju bahwa corat-coret atau ekspresi artistik dapat membantu individu menangani perasaan dan emosi mereka dengan cara yang lebih baik.

Sama hal nya dengan membuat jurnal, hal tersebut dapat membantu Anda berhubungan dengan emosi dan perasaan. Corat-coret dapat membantu Anda mengenali dan mengekspresikan emosi dengan lebih baik.

 

4 dari 7 halaman

3. Membantu mengurangi stres

Sama seperti manfaat dari buku mewarnai yang terbukti dapat menghilangkan stres dan membantu menenangkan amigdala, corat-coret juga dapat mengendalikan tingkat stres seseorang.

Pakar kesehatan mental menunjukkan bahwa gerakan berulang dari menggerakan pulpen sepanjang halaman dan berulang kali membuat bentuk yang sama dapat membuat rileks.

5 dari 7 halaman

4. Membantu pembelajaran

Mencorat-coret juga dapat membantu pembelajaran yang lebih baik. Sebuah studi mengatakan bahwa individu yang suka mencorat-coret saat pikirannya sedang melayang di kelas atau pertemuan dapat mendapatkan kembali konsentrasinya.

6 dari 7 halaman

5. Membantu meningkatkan kreativitas

Kreativitas sangat penting bagi manusia. Menurut para ahli, mencorat-coret dapat membantu menstimulasi area otak yang biasanya tak aktif.

Hal ini dapat membantu Anda menganalisis informasi secara berbeda saat Anda 'menerangi berbagai jaringan di otak.' Mencorat-coret pada dasarnya adalah 'berpikir dalam gambar' dan membantu merangsang otak Anda.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: