Sukses

Jangan Abai, Ini 7 Tanda Anda Mengonsumsi Garam Terlalu Banyak

Berikut ini tanda-tanda tubuh Anda kelebihan garam yang harus diwaspadai.

Liputan6.com, Jakarta Menurut pedoman diet terbaru, Anda dianjurkan hanya mengonsumsi 2.300 miligram sodium per hari. Namun diperkirakan, kebanyakan orang mengonsumsi rata-rata garam harian mendekati 3.400 miligram per hari.

Asupan garam yang berlebihan ini dapat menyebabkan hipernatremia dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius seiring waktu.

Berikut ini beberapa tanda tubuh Anda telah mengonsumsi garam terlalu banyak seperti dilansir dari Brightside, Senin (27/4/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Sakit kepala terus-terusan

Konsumsi natrium yang berlebihan meningkatkan volume darah Anda sehingga butuh lebih banyak ruang di pembuluh darah Anda. Perluasan pembuluh darah ini menyebabkan tekanan darah tinggi dan akibatnya, dapat memicu sakit kepala.

3 dari 8 halaman

2. Kram otot

Mempertahankan keseimbangan natrium-kalium yang tepat sangat penting bagi kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan unsur-unsur kimia ini bertanggung jawab atas kontraksi otot.

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi garam, Anda akan mudah mengalami kram atau rasa sakit pada otot Anda.

4 dari 8 halaman

3. Tulang terasa ngilu

Asupan garam bisa menjadi penghalang bagi tulang yang kokoh. Ketika Anda makan terlalu banyak garam, ginjal Anda tak dapat membersihkannya sepenuhnya, ini berujung pada kehilangan kalsium.

Kekurangan kalsium kronis dapat menyebabkan tulang lemah, masalah pada gigi, bahkan osteoporosis.

5 dari 8 halaman

4. Perubahan pada buang air kecil

Biasanya penumpukan natrium dalam tubuh Anda dapat memicu perubahan serius dalam kebiasaan buang air kecil. Ini terjadi karena dua alasan.

Pertama, mengonsumsi banyak garam membuat ginjal Anda bekerja lembur untuk mengeluarkannya dari tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penyakit ginjal yang biasanya membuat buang air kecil lebih sering dengan kencing tampak transparan atau sangat jelas.

Kedua, memiliki terlalu banyak natrium dalam tubuh bisa merupakan akibat dari kehilangan cairan yang sering menyebabkan dehidrasi. Ketika ada kehilangan air yang signifikan dalam tubuh, urin Anda akan berubah menjadi berwarna kuning gelap.

 

6 dari 8 halaman

5. Rasa haus berlebihan

Sodium yang ditemukan dalam garam membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh Anda. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak garam, tubuh Anda butuh lebih banyak cairan untuk membantu membersihkan sistem Anda agar otot dan organ lain dapat beroperasi secara baik.

Tubuh Anda memperbaiki rasio natrium tersebut dengan memerintahkan otak untuk minum air putih lebih banyak.

 

7 dari 8 halaman

6. Anggota tubuh bengkak

Jika tubuh Anda terasa membengkak, seperti kaki atau mata, Anda mungkin mengonsumsi terlalu banyak garam. Kondisi tubuh yang mulai menahan air akibat asupan garam yang tinggi ini disebut edema dan harus dirawat dengan diet tertentu.

8 dari 8 halaman

7. Sulit berkonsentrasi

Hipertensi yang disebabkan oleh asupan garam yang tinggi dapat merusak arteri yang menuju otak Anda. Ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berpikir jernih dan mempersulit Anda untuk berkonsentrasi pada tugas sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.