Sukses

Cara Membuat Slime Tanpa Borax Ini Dijamin Aman Untuk Anak-Anak

Cara membuatnya mudah saja kok.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, tren bermain anak millennial yang pernah digandrungi adalah slime. Ya, slime merupakan mainan unik yang terbuat dari bahan polimer berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan dengan larutan polivinil alkohol dan ion borat.

Keberadaan slime sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru populer beberapa waktu ini. Memiliki aneka macam warna dan banyak ragamnya membuat anak menjadi gemas dengan mainan ini. Tak hanya sekedar untuk bermain, slime dikenal sebagai pereda pada seseorang.

Ya, karena bentuknya yang kenyal membuat orang gemas untuk terus meremas-remasnya. Tanpa sadar, hal ini mampu membuat emosi jadi tersalurkan. Tak hanya itu, slime juga berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan atau bosan.

Saat mainan slime ini sedang populer, banyak orang beramai-ramai ingin mencoba memainkannya dan membelinya. Alasan mereka ingin mencoba main slime pun beraneka ragam, ada yang memang untuk penyalur emosi dan bosan. Ada juga yang hanya karena ikut-ikutan saja, karena sedang tren.

Maraknya slime ini kemudian membuat orang mulai berpikir untuk membuatnya sendiri di rumah daripada harus membelinya. Nah, buat kamu ingin kembali memainkan slime dan belum mengetahui bagaimana cara membuatnya. Kali ini Liputan6.com, Kamis (7/3/2019) telah merangkum cara membuat slime tanpa borax yang tentunya sangat aman.

Awalnya slime ini berfungsi untuk membersihkan kotoran dan debu. Tekstur slime yang lentur dan lengket memudahkan untuk menjangkau sudut-sudut yang sulit dibersihkan. Namun semakin ke sini, semakin berkembang, slime berubah fungsi sebagai mainan anak-anak.

Cara memainkannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu manarik, meremas, atau menekan-nekan slime. Selain untuk bermain, adapun manfaat yang diberikan bagi anak yang suka bermain slime ini. Ya, slime bisa dijadikan media yang tepat untuk melatih kemampuan sensorik anak.

Memiliki manfaat yang baik terhadap kemampuan sensorik dan terhadap mental, namun kamu perlu berhati-hati. Tak jarang bahan pembuatan slime menggunakan borax. Ya, mencampurkan borax atau natrium borat merupakan senyawa yang banyak digunakan untuk produk pembersih, pengawet, dan lain-lain.

Sedangkan dalam pembuatan slime, borax berfungsi agar membuat kenyal. Namun tahu kah kamu? Penggunaan borax pada slime dapat menimbulkan efek yang berbahaya seperti iritasi ringan pada kulit.

Tapi kamu tak perlu khawatir, efek-efek negatif dari slime yang menggunakan borax bisa kamu hindarkan. Kamu hanya perlu memilah bahan yang aman untuk membuatnya. Misalnya saja, kamu bisa mengganti borax yang berfungsi untuk mengenyalkan dengan tepung kanji atau tapioka.

Nah, kali ini Liputan6.com, Kamis (7/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara membuat slime tanpa borax.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Slime Tanpa Borax

Begini cara membuat slime tanpa borax, dijamin aman. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya pun cukup mudah ditemukan:

Bahan-bahan yang dibutuhkan

1. 400 ml air bersih,

2. 2 gelas tepung kanji,

3. 2 sendok the pewarna makanan,

4. 150 gram minyak goreng.

Cara Membuat Slime dengan Tepung Kanji

1. Masukkan tepung kanji ke dalam wadah seperti baskom.

2. Kemudian tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk dengan menggunakan tangan atau sendok, agar tidak menggumpal.

3. Tambahkan minyak goreng ke dalam adonan. Aduk hingga rata dan jika kurang cair, tambahkan lagi minyak goreng.

4. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan slime sambil tetap diaduk hingga merata.

5. Masukkan slime ke dalam plastik, lalu ikat dengan kuat.

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Slime dengan Susu Cair

Cukup mudah bukan cara membuat slime tanpa borax ini. Selain menggunakan tepung kanji, kamu juga bisa mencobanya dengan menggunakan susu cair. Begini bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan yang dibutuhkan

1. 1 kotak susu cair (kental manis juga bisa, namun perlu ditambahkan air terlebih dahulu),

2. 1,25 sdm tepung maizena,

3. Vanili bubuk secukupnya,

4. 2 sendok pewarna makanan.

Cara membuat slime dengan susu cair

1. Siapkan panci untuk membuat slime.

2. Masukkan susu cair ke dalam panci, lalu masak dengan api kecil.

3. Aduk susu cair dengan perlahan hingga susu terasa panas.

4. Tambahkan vanili bubuk ke dalam adonan sambil diaduk hingga merata.

5. Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan sambil diaduk hingga rata.

6. Kalau adonan kurang kental, kamu bisa menambahkan lagi tepung maizena. Namun saat adonan sudah cukup kental, tambahkan susu cair lagi.

7. Setelah adonan mendidih, angkat adonan dan dinginkan terlebih dahulu.

8. Kalau adonan sudah dingin, tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil diaduk hingga merata.

9. Letakkan adonan slime ke tempat yang tertutup. Jangan sampai adonan terkena sinar matahari. Hal ini bisa membuat adonan slime menjadi rusah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini