Sukses

Cara Membuat Slime dari Lem Fox dan Bahan Lain yang Mudah Didapatkan di Rumah

Slime adalah sebuah cairan lengket dan pekat yang terlihat seperti lendir.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan zaman saat ini kerap memunculkan hal-hal baru dan ramai diperbincangkan. Salah satunya memunculkan mainan baru yaitu slime. Slime sempat menjadi mainan kekinian dan viral di berbagai negara termasuk di Indonesia. Permainan ini digandrungi oleh para remaja hingga anak-anak.

Slime merupakan sebuah mainan yang memiliki tekstur kenyal seperti jelly. Memiliki bentuk cairan kental dengan berbagai warna-warna menarik membuatnya menjadi tren beberapa waktu lalu. Banyak orang yang mengunggah video bermain slime di media sosial hingga di akun YouTube.

Slime sendiri berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti lumpur atau lendir. Disebut slime karena bentuknya seperti lumpur atau lendir dengan diberi warna-warna yang cerah. Cara memainkan slime ini dengan menarik-narik dan meremasnya. Teksturnya yang kenyal seperti jelly membuat orang yang memainkannya merasa gemas.

Mainan slime ini bisa kamu buat sendiri jika malas harus membelinya diluar. Slime biasanya terbuat menggunakan borax dan lem. Namun kamu bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan di rumah seperti lem fox atau dengan bahan shampoo dan garam.

Berikut cara membuat slime dari lem fox serta bahan shampo dan garam yang berhasil dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019). Kamu bisa simak cara-caranya dibawah ini untuk membuat slime sendiri di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara membuat slime dari lem fox

Cara membuat slime dari lem fox ini kamu tentunya membutuhkan bahan-bahan yang dipersiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:

3 sdm lem fox

1 sdt air

1 sdt baking powder

2 sdt baby oil

2 sdt sabun cair

1 sdt pewarna makanan

Obat tetes mata

Cara membuat slime dari lem fox, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Masukkan 3 sdm lem fox kedalam wadah dan beri air bersih

2. Kemudian aduk hingga rata

3. Beri 1 sdt baking powder kedalam campuran lem tersebut, aduk kembali hingga rata

4. Setelah tercampur, tambahkan obat tetes mata sebanyak 8 tetes, 2 sdt sabun cair dan 1 sdt pewarna makanan sambil terus diaduk agar tercampur dengan sempurna

5. Kemudian tambahkan baby oil 2 sdt lalu aduk hingga rata.

6. Selesai.

Nah, slime buatanmu sendiri sudah bisa dimainkan. Selain mudah dan murah, cara membuat slime dari lem fox juga terbilang lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia seperti borax, polimer, ion borat dan larutan polivinil alkohol.

3 dari 5 halaman

Cara membuat slime dari shampoo dan garam

Selain cara membuat slime dari lem fox, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan di rumah lainnya. Bahan yang perlu siapkan antara lain:

Shampoo merek apapun

Garam halus

Obat sariawan GOM yang biasa dijual di apotek

Langkah-langkah membuat slime dari shampoo dan garam, sebagai berikut:

1. Tuangkan 4 sdm shampoo yang kental dan 2 sdm garam halus ke dalam wadah kemudian aduk agar semua bahan tercampur dengan rata hingga mengental.

2. Tambahkan slime activator atau obat sariawan GOM agar tekstur adonan shampo dan garam tersebut menjadi lebih kenyal.

3. Setelah diaduk secara merata, masukkan adonan campuran itu kedalam lemari pendingin sekitar 20 menit

4. Setelah 20 menit, adonanmu sudah siap menjadi slime.

5. Selesai.

4 dari 5 halaman

Slime sebagai media penyalur stres dan bosan

Slime sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun karena viral di media sosial, mainan unik satu ini lalu menjadi terkenal dan digandrungi banyak orang. Mainan dengan bentuk gemas dan warna-warni ini disebut-sebut dapat meredakan stres.

Orang-orang yang kerap memainkan slime digunakan sebagai pereda emosi. Dengan meremas-remas, menarik, menggulung slime ini dapat menyalurkan rasa emosi yang tertahan. Bahkan beberapa orang juga menggunakan slime sebagai penghilang rasa bosan.

Rasa jenuh dan bosan terutama bagi pelajar yang merasa bosan di kelas atau karyawan kantor yang merasa jenuh bisa menyalurkan kejenuhannya hanya dengan bermain slime.

5 dari 5 halaman

Slime sudah ada sejak 1976

Mainan yang tren beberapa waktu lalu ini ternyata telah diproduksi dan diperkenalkan pada tahun 1976. Slime tersebut diproduksi oleh Mattel sebagai produk mainan. Berbagai jenis slime telah dirilis siring berjalannya waktu. Slime menjadi dikenal oleh banyak orang pada tahun 1980-an karena digunakan sebagai playset Slime Pit Hordak.

Pada akhir tahun 1970-an, diciptakan Slime Monster. Sebuah permainan menggunakan papan. Cara bermain slime ini dengan menghindari sebuah papan dari mulut monster yang mengeluarkan lendir atau slime.

Permainan ini semakin populer yang kemudian diciptakan tokoh-tokoh slime dalam permainan Kenner’s Real Ghostbusters. Tokoh-tokoh slime ini kemudian diperjual belikan dilengkapi dengan slime dalam wadah. Dulu slime dijual dalam playset beserta tokoh mainannya. Kelemahan slime saat itu adalah sangat susah dilepaskan dan dibersihkan jika terkena pada karpet.

Demikian sedikit penjelasan tentang slime dan cara membuat slime dari lem fox serta shampo dan garam. Kini kamu bisa membuat slime sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang aman sehingga siapapun bisa memainkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini