Sukses

4 Jenis Ikan Cupang yang Mahal, Cocok untuk Peliharaan

Liputan6.com, Jakarta Ikan Cupang atau Betta sp merupakan ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan cupang ada yang dikenal dengan mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut serta ada juga yang membangun sarangnya dengan busa atau bublle nest.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara atau aerator, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Oleh karena itulah ikan cupang banyak sekali digemari dan dipelihara oleh banyak kalangan.

Ikan cupang juga memilki jenis-jenisnya dan juga memiliki harga yang variatif. Mulai harga puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Berikut Liputan6.com rangkum jenis ikan cupang yang mahal dan memilki keunikan masing-masing, Rabu (6/3/2019).

2 dari 6 halaman

1. Ikan cupang plakat

Plakat merupakan jenis ikan cupang aduan yang paling banyak dijual di pasaran dan paling dicari. Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang artinya “tarung”.

Konon, tradisi adu ikan cupang aduan sendiri awal mulanya berasal dari negara Thailand sehingga ikan cupang aduan banyak diasosiasikan dengan negara tersebut.

Ikan cupang plakat mempunyai ciri ciri sirip dan ekornya yang pendek. Warnanya sendiri tidak terlalu mencolok dengan tubuhnya cukup besar dan kokoh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai petarung. Ikan ini juga akan bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya.

Harga ikan ini bervariatif mulai dari harga ikan cupang plakat anakan berkisar Rp 50.0000 hingga harga ikan cupang plakat juara yang mencapai harga Rp 2.000.000 untuk satu ikan.

3 dari 6 halaman

2. Ikan cupang giant

Ikan cupang Giant ini merupakan persilangan dari berbagai macam jenis cupang. Ikan cupang giant merupakan sebutan untuk ikan cupang yang memiliki badan yang jauh lebih besar daripada cupang biasanya. Bahkan, ikan cupang giant ini ada yang panjangnya bisa mencapai 10-15 cm.

Ikan cupang giant berasal dari negara Thailand yang banyak ditemukan di sungai-sungai dan danau di sana. Ikan cupang giant sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai ikan cupang aduan karena tubuhya yang besar dan lebih agresif. Karena ukurannya yang besar ini maka harganya juga lebih mahal dari ikan cupang biasa.

Untuk harga ikan cupang giant untuk anakan saat ini berkisar Rp 50.000 hingga ikan cupang giant juara petarung berkisar di harga Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.

4 dari 6 halaman

3. Ikan cupang double tail

Ikan cupang double tail terlihat sangat mirip dengan cupang halfmoon yaitu ikan cupang terkenal dengan sebutan bulan sepotong dan cukup popular. Bedanya, ikan ini memiliki ekor yang terbelah atau bercagak dua. Karena karakteristiknya itulah ikan ini akhirnya dinamai dengan double tail alias ekor ganda.

Ikan ini memiliki variasi warna yang cukup beragam. Ikan ini cukup langka di pasaran dan biasanya juga dijual dengan harga yang lebih mahal dari jenis cupang lainnya. Dan sialnya lagi ikan cupang double tail termasuk yang sulit untuk dibudidayakan.

Untuk harga ikan cupang double tail anakan berkisar diantara Rp 100.000 dan untuk harga ikan cupang double tail juara berkisar diantara Rp 2.000.000.

5 dari 6 halaman

4. Ikan cupang fancy

Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak besar seperti ikan cupang halfmoon, tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang cantik. Ikan cupang fancy terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik yang membuat harga ikan cupang fancy mahal.

Harga ikan ini juga juga cukup mahal tergantung dengan corak warna yang dimilikinya. Untuk ikan cupang fancy anakan berkisar Rp 100.000 dan untuk ikan cupang fancy juara bisa mencapai harga Rp 2.000.000.

6 dari 6 halaman

Tempat membeli ikan cupang yang terkenal

1. Yogyakarta

Jika kamu berdomisili di Yogyakarta, kamu bisa datang langsung menuju pasar Pasty yang beralamat di Jalan Raya Bantul, Yogyakarta. Di sini banyak sekali pedagang ikan hias yang menjual ikan-ikan cantik, termasuk ikan cupang. Harganya juga bervariatif, mulai dari harga yang paling murah hingga yang mahal bisa kamu dapatkan tergantung dengan jenisnya.

2. Surabaya

Surabaya merupakan salah satu pusat terlengkap tempat menjual ikan cupang di Indonesia. Nama tempatnya adalah Pasar Ikan Hias Gunungsari yang berlokasi di Jalan Gunungsari, Surabaya. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam jenis ikan cupang baik yang diadu maupun yang sebagai hiasan. Harganya pun bisa kamu bandingkan dengan tempat lainnya.

3. Bandung

Tidak hanya Yogkarta dan Surabaya saja, di bandung juga ada namanya pusat penjual ikan hias yang diberi nama Pasar Ikan Hias Jalan Peta. Uniknya, para penjual ikan di sini tidak mengemas ikan cupang di dalam toples atau akuarium.

Justru mereka mengemasnya ke dalam kantung plastik yang berisi air. Disini juga terkenal dengan harga ikan cupang yang murah dan beragam, jadi kamu bisa memilih sesuai budget yang kamu punya.

 

 

 

Loading