Sukses

Ikan Cupang Diyakini Bisa Mencegah Wabah DBD, Ini Caranya

Fokus, Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Utara, melepas puluhan ekor ikan cupang ke sejumlah wilayah rawan demam berdarah dengue (DBD), pada Jumat kemarin. Hal ini sebagai upaya pencegahan berjangkitnya penyakit yang bersumber dari nyamuk.

Ikan cupang diyakini mampu memangsa jentik di tempat nyamuk bertelur, sehingga memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (9/2/2019), puluhan petugas menyisir sejumlah lokasi yang ditengarai menjadi sarang nyamuk penyebab DBD. Selain di rumah-rumah penduduk, penyisiran sarang nyamuk juga dilakukan di sekolah dan rumah ibadah.

Langkah tersebut ditempuh seiring mewabahnya virus demam berdarah di Ibu Kota. Dari hasil penyisiran selama satu jam, petugas menemukan beberapa jentik nyamuk penyebab demam berdarah.

Selain menebar bubuk abate dan ikan cupang, warga juga diimbau untuk menanam tumbuhan seperti bunga lavender dan daun sereh karena mampu mengusir nyamuk dari aroma yang dikeluarkan. (Galuh Garmabrata)