Sukses

Sosok Emil Dardak, Suami Arumi Bachsin yang Kini Resmi Jadi Wagub Jawa Timur

Emil Dardak dilantik menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur di Istana Kepresidenan, Rabu (13/2/2019).

Liputan6.com, Jakarta Nama Emil Dardak kembali menjadi perbincangan setelah kehadirannya di Istana Kepresidenan dalam acara Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Rabu (13/2/2019). Politisi yang dulunya seorang penyanyi itu resmi dilantik menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024.

Dalam kesempatan itu, Emil Dardak tampak didampingi sang istri yaitu Arumi Bachsin. Ya, wanita cantik itu datang mengenakan pakaian kebaya dan jilbab putih dipadu bawahan batik coklat. Arumi Bachsin adalah mantan artis yang namanya sempat menghiasi layar kaca sebelum kini mendampingi suaminya.

Kamis 13 Februari 2019, Emil Dardak secara resmi melepaskan jabatannya sebagai Bupati Trenggalek untuk dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur. Kenaikan jabatannya itu membuat kagum banyak orang karena karier politiknya yang sangat bersih tanpa tersangkut masalah apapun.

Lantas, seperti apa sosok Emil Dardak yang kini menjabat menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur? Simak ulasan perjalanan karier Emil Dardak dari awal meniti karier sebagai penyanyi hingga pencapaiannya kini sebagai politisi sukses, seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kehidupan Pribadi Emil Dardak

Politisi Emil Dardak yang bernama lengkap Emil Elestianto Dardak adalah seorang pria kelahiran Jakarta, 20 Mei 1984 silam. Di usia dirinya yang hampir menginjak 35 tahun, Emil Dardak telah mengantongi gelar Magister Science yang kini disematkan dalam namanya menjadi Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc.

Emil Dardak tak lahir dari keluarga sembarangan. Kakeknya adalah H. Mochamad Dardak, salah satu kyai Nahdlatul Ulama. Ayahnya, Hermanto Dardak adalah wakil Menteri Pekerja Umum periode 2010-2014.

Sementara itu, Ibunya, Sri Widayati merupakan putri dari Letjen Anumerta Wiloejo Poespojudo yang pernah menjabat Gubernur Lembaga Ketahanan Nasasional di era Bung Karno.

3 dari 5 halaman

Menikah dengan Arumi Bachsin

Emil Dardak resmi mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Arumi Bachsin pada 30 Agustus 2013 silam. Keduanya sempat menjalani masa-masa pendekatan setelah dicomblangkan oleh mendiang Utha Likumahuwa, yang tak lain adalah kerabat dekat keluarga Arumi Bachsin.

Usia keduanya pun terpaut cukup jauh. Pada saat pernikahannya itu, Arumi berusia 19 tahun sementara Emil berusia 29 tahun. Namun usia yang terpaut 10 tahun tersebut tak menghalangi keduanya untuk selalu tampil romantis.

Pasangan ini telah dikaruniai dua anak yaitu Lakeisha Ariestia Dardak yang kini berusia 5 tahun, serta Alqeinan Mahsyirputro Dardak yang akan genap 4 tahun akhir tahun ini.

4 dari 5 halaman

Perjalanan Karier Emil Dardak

Sebelum terjun ke dunia politik, Emil Dardak sempat menjajal bakat menyanyinya hingga debut sebagai seorang penyanyi. Emil berkecimpung di dunia tarik suara pada tahun 2009 silam.

Suami Arumi Bachsin ini juga sempat meluncurkan album berjudul 'Self Title'. Ia bahkan sempat menciptakan lagu berjudul 'Dialah'. Lagu tersebut ia ciptakan spesial untuk sang istri tercinta.

Emil Dardak rupanya ingin meneruskan karier keluarganya dalam dunia politik. Alih-alih menjadi selebriti seperti istrinya, Emil memilih untuk terjun di dunia politik. Pada tahun 2015, tepatnya tanggal 27 Juli silam, Emil Dardak mendaftarkan dirinya untuk maju dalam pemilihan Bupati Trenggalek.

Emil maju bersama Mochtar Arifin untuk bersaing di Pilkada pada tanggal 9 Desember 2015 silam. Emil pun dipercaya rakyat Trenggalek menjadi pemimpin daerah di Jawa Timur tersebut.

5 dari 5 halaman

Mengajukan Diri Menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur

Sebelum resmi dilantik pada Kamis 13 Februari 2019, Emil Dardak mencalonkan diri bersama Khofifah Indar Parawansa untuk maju dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024. Saat itu, Khofifah masih menjabat sebagai Menteri Sosial RI periode 2014-2018 sedangkan Emil masih menjabat sebagai Bupati Trenggalek.

Pilkada Jawa Timur itu diselenggarakan pada 27 Juni 2018 silam. Laporan perhitungan suara menunjukkan bahwa perolehan suara pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak tetap tak terkejar oleh pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dalam perhitungan langsung KPUD Jawa Timur.

Menurut data, Pasangan Khofifah-Emil berhasil memenangkan hati rakyat Jawa Timur dengan memperoleh 53,73% suara atau 9.883.978 suara. Sedangkan, pasangan Gus Ipul-Puti memperoleh suara 46,27% atau 8.510.790 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.