Sukses

Ini 5 Cara Maksimalkan Akun LinkedIn untuk Sukseskan Karier

Perusahaan sering melihat akun linkedIn saat mencari karyawan.

Liputan6.com, Jakarta LinkedIn merupakan jejaring sosial yang digunakan oleh kalangan profesional mulai dari karyawan, pengusaha hingga mahasiswa. Berbeda dengan media sosial lain, LinkedIn dapat dikatakan sebagai media untuk memasarkan profil profesional kepada perusahaan atau para profesional lain. 

LinkedIn didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002. Hingga sekarang LinkedIn sudah memiliki 161 juta anggota di lebih dari 200 negara di dunia. Dengan LinkedIn kamu dapat mebuat profil profesional dengan menambahkan CV, foto, resume, dan berbagai pengalaman lain.

LinkedIn juga dapat membantu Anda memperluas jaringan dengan menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau bekerja di bidang yang sama. Medsos ini juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mencari dan melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar.

Tidak sedikit dari pengguna LinkedIn yang memperoleh pekerjaan berkat media sosial yang satu ini. maka dari itu LinkedIn dinilai mampu membantuk kesuksesan seseorang dalam berkarier.

Para perekrut tak jarang sering mengecek akun sosial media para calon pegawainya, tak terkecuali akun LinkedIn yang dimiliki. Dengan profil yang menarik dan meyakinkan, akun ini dapat menjadi sebuah nilai tambah bagi para calon karyawan.  Akun LinkedIn dapat dibuat gratis pada situs LinkedIn.com atau aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store dan Appstore.

Berikut 5 Cara maksimalkan akun LinkedIn agar dapat sukseskan Kariermu, dilansir Liputan6.com dari Medium Rabu (13/2/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Perbarui Profil Dasar

Banyak orang lupa untuk memperbarui profil LinkedIn mereka. Jangan biarkan profil LinkedInmu ketinggalan jaman!

Lengkapi Professional Headline dengan kalimat-kalimat menarik seperti fokus pada posisi dan perusahaan tempat kamu bekerja saat ini atau cantumkan lokasi tempat kamu bekerja.

Melakukan dua hal sederhana ini akan membantu lebih banyak orang menemukan Anda dan membantu Anda menemukan lebih banyak koneksi potensial yang relevan.

Selain itu kamu juga perlu memasang foto professional dan mencantumkan web atau blog pribadi

Profil LinkedIn yang memiliki foto professional akan 11 kali lebih mungkin untuk dikunjungi. Jadi, jika kamu masih memasang foto siluet, foto lama saat SMA, foto kencan atau foto bersama hewan peliharaan sebaiknya segera ganti foto profilmu.

Kamu dapat menggantinya menjadi lebih professional seperti menggunakan kemeja atau setelan jas. Ingat,LinkedIn adalah jejaring untuk para profesional.

Di bawah Info Kontak, LinkedIn memberi opsi untuk menautkan profilmu ke situs web atau blog.

Saat mengedit area Situs web di profil, pilih opsi "Lainnya". Kamu dapat menambahkan judul dan URL situs web atau blog pribadimu.

3 dari 6 halaman

Tulis ringkasan profesional

Dengan menulis ringkasan atau summary pada kolom yang tersedia kamu dapat ‘menjual diri’ kamu kepada koneksi-koneksi potensial. Ringkasan dapat menyoroti spesialisasi, pengalaman karir, penghargaan, dan pengalaman kepemimpinan.

Dalam ringkasan ringkasan LinkedIn fokuskan pada detail paling relevan tentang kariermu, hindari kalimat-kalimat tidak penting, dan pastikan mudah dipahami.

4 dari 6 halaman

Rapikan kolom rekomendasi keahlian

Pada LinkedIn kamu dapat mengisi keahlian apa yang kamu punya. Tak hanya itu, keahlian yang kamu punya dapat dibuktikan oleh rekomendasi oleh akun profesional lain seperti bos atau manager di tempat kamu bekerja.

Pastikan keahlian yang kamu cantumkan telah mendapat rekomendasi dari akun-akun tersebut. Jika tak punya rekomendasi yang relevan, lebih baik tak usah cantumkan keahlian tersebut. LinkedIn memungkinkan kamu untuk menghapus keterampilan yang tidak relevan denganmu. Jangan pernah berbohong tentang keahlian yang kamu miliki.

5 dari 6 halaman

Terhubung dengan orang-orang asing

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang di LinkedIn adalah enggan untuk terhubung dengan orang-orang asing. Padahal, itulah inti dari sebuah jejaring sosial yaitu mengenal orang baru, bukan hanya orang-orang didunia nyata yang sudah kamu kenal.

Membangun jaringan LinkedIn dengan orang-orang yang belum kamu kenal akan memiliki banyak manfaat. Kamu mungkin akan dapat membangun koneksi dengan para influencer. Dengan begitu kamu akan mendapatkan lebih banyak dukungan. Selain itu, makin banyak pula orang melihat profil kamu,melihat konten yang kamu bagikan dan mengunjungi situs blog pribadimu. Hal-hal semacam ini bagus untuk personal branding.

Pencarian LinkedIn adalah gerbangmu untuk menuju ke koneksi di masa depan. Cari orang berdasarkan nama, perusahaan, atau keterampilan.

Pencarian lanjutan LinkedIn membantu kamu menemukan orang berdasarkan jabatan, sekolah, hubungan, lokasi, industri, perusahaan saat ini atau sebelumnya, bahasa profil, dan minat.

6 dari 6 halaman

Publikasikan konten menarik

Postingan pada LinkedIn menawarkan cara lain untuk menumbuhkan pengaruh dirimu, mendapatkan lebih banyak visibilitas, dan mendapatkan pengikut baru.

Koneksi yang kamu miliki akan diberitahukan setiap kali kamu mempublikasikan sesuatu. Orang baru yang belum terhubung denganmu juga dapat menemukan postinganmu melalui kolom pencarian.

Selalu pikirkan tentang audiens yang ingin kamu jangkau. Sorot keahlian dan minatmu dengan memposting konten yang menarik. Pastikan postingan yang kamu buat sesuai untuk 400 juta profesional bisnis yang menggunakan LinkedIn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.