Sukses

Gampang Banget, Ini 5 Cara Berantas Bekas Jerawat dengan Daun Mint

Ternyata daun mint ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Penasaran bagaimana cara mengaplikasikannya di wajah? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap orang pasti pernah melewati fase muka diselimuti oleh jerawat-jerawat menyebalkan. Tentunya hal tersebut merupakan keadaan normal dan biasanya dialami pada masa puber ataupun pada masa menstruasi bagi para wanita.

Terkadang, tamu yang tidak diundang tersebut meninggalkan bekas titik hitam atau merah di wajah yang tentunya bikin enggak percaya diri. Jika hal itu terjadi, Anda tak perlu khawatir karena daun mint akan menyelamatkanmu dari noda jerawat yang mengganggu.

Berikut cara mengaplikasikan daun mint untuk membasmi bekas jerawat di wajahmu.

1. Daun Mint dan Madu

Madu yang diketahui memiliki banyak kegunaan juga sering diaplikasikan pada perawatan wajah. Metode ini disarankan dilakukan sekali sehari.

Pertama-tama cuci daun mint, lalu masukkan ke dalam blender sehingga menjadi pasta halus. Tambahkan satu sendok makan madu yang mentah kemudian campur sampai rata. Pasta perpaduan mint dan madu dioleskan pada area bekas luka dan dibilas bersih setelah didiamkan selama 30 menit.

2. Daun Mint dan Air Mawar

Cuci dengan bersih segenggam daun mint dan ubah menjadi pasta dengan diblender atau diulek. Kemudian tambahkan satu sendok teh air mawar pada pasta dan diaduk dengan baik. Oleskan ke bekas luka jerawat dan biarkan kering selama 30 menit. Bilas wajah dengan air biasa.

Anda dapat berhenti menggunakan cara ini jika terlihat ada perbedaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Daun Mint, Timun dan Yogurt

Ambil segenggam daun mint yang segar kemudian diulek. Kupas kulit timun dan potong sampai kecil. Potongan mentimun lalu diblender sampai menjadi pasta halus. Campurkan daun mint tadi dengan satu sendok makan pasta timun dan satu sendok makan yogurt. Gunakan campuran ini pada bekas jerawat atau seluruh muka. Bilas dengan air setelah didiamkan 30 menit.

Perpaduan antara mint, timun dan yogurt akan menghasilkan wajah yang halus. Anda dapat mengulangi metode ini sebanyak tiga kali seminggu untuk hasil lebih cepat dan baik.

4. Daun Mint dan Multani Mitti

Multani mitti merupakan suatu material tanah liat berasal dari Multan, Pakistan yang dulunya digunakan dalam kosmetik pada zaman kuno India.

Satu sendok makan multani mitti dicampur dengan satu sendok makan yogurt. Ulekan daun mint ditambahkan pada pasta campuran sebelumnya. Sapukan selapis pasta pada bekas luka dan didiamkan sampai kering.

Kemudian gunakan air hangat untuk gosokkan dengan lembut ke wajah dengan gerakan melingkar. Untuk hasil maksimal gunakan pasta dua kali seminggu.

5. Daun Mint dan Oat

Pengobatan ini dapat digunakan tiga kali seminggu untuk hasil terbaik. Walau cara ini memerlukan bahan terbanyak, hasilnya sama efektif seperti yang lainnya.

Gilingkan satu sendok makan oat sampai berubah menjadi bubuk halus. Kemudian daun mint diblender menjadi pasta. Campurkan kedua bahan tersebut dalam mangkuk lalu tambahkan satu sendok makan madu dan 1 sendok makan jus timun. Oleskan campuran pada bekas luka jerawat, ditunggu 30 menit, dan bilas bersih dengan air.

Bahan dan cara untuk mengusir bekas jerawat di wajah mudah, kan? Selamat mencoba ya.

Reporter:

Citra Luna Martha

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.