Sukses

Catat, 4 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Bikin Wajah Jerawatan

Apakah kamu sering melakukan kebiasaan ini sebelum tidur? Hati-hati kebiasaan ini bisa bikin timbul jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin punya wajah yang mulus dan bebeas jerawat. Untuk mendapatkan hal itu, tentunya kamu perlu melakukan perawatan rutin serta menjaga kebersihan wajah.

Di samping kedua hal tersebut, asupan makanan hingga hormon juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat.  Namun, ada kebiasaan yang sering tak kita sadari bisa jadi pemicu utama tumbuhnya jerawat.

Lazimnya sejumlah kebiasaan yang mendorong munculnya jerawat dilakukan sebelum kita pergi tidur. Alhasil yang terjadi, wajahmu malah timbul jerawat saat di pagi harinya.

Kira-kira apa saja kebiasaan sebelum tidur yang mampu mendorong munculnya jerawat? Ini dia rangkumannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menggunakan Hand Cream Sebelum Tidur

Mungkin saat ini kamu sedang bertanya-tanya, apa hubungannya hand cream dengan jerawat? Ternyata, beberapa orang kerap menyenderkan wajahnya pada tangan saat tidur.

Sedangkan, bahan kandungan yang terdapat di dalam hand cream tentu diformulasikan khusus hanya untuk tangan, bahkan kerap mengandung pewangi yang berpotensi menyebabkan iritasi dan masalah pada kulit.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki kebiasaan untuk menggunakan hand cream atau body lotion di area tangan sebelum tidur dan kerap menggunakan tangan sebagai ‘bantal’, jangan heran jika ada jerawat yang timbul setelah tidur.

3 dari 5 halaman

2. Sarung Bantal yang Kotor

Alasan yang satu ini sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan lagi, ya. Jika kamu sudah tidak mengganti seprai dan sarung bantal selama 1 bulan, tentu saja berbagai kotoran, bakteri, debu, dan minyak akan bersarang.

Alhasil, saat kamu bersandar di atasnya, kotoran-kotoran tersebut pun akan turut menempel pada wajah dan menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengganti seprai dan sarung bantal secara berkala, ya! Paling tidak 2 minggu sekali, sehingga kotoran dan debu pun tidak akan menumpuk pada kasur dan menyebabkan jerawat.

 

4 dari 5 halaman

3. Makan di Kasur atau Makan Sebelum Tidur

Sedikit berkaitan dengan poin di atas, jika kamu memiliki kebiasaan makan di kasur, remah-remah makanan yang tertinggal dapat membuat kasur kamu cepat kotor. Ujung-ujungnya, wajah kamu akan rentan dengan kehadiran jerawat.

Selain kebiasaan makan di kasur, kebiasaan makan sebelum tidur pun dapat menjadi penyebab jerawat yang tidak kamu sadari, lo. Jika kamu makan tepat sebelum tidur, bukan tidak mungkin akan ada sisa-sisa makanan yang menempel pada sekitar area mulut, kan?

Sisa-sisa makanan ini dapat menempel pada sarung bantal, kemudian kembali menempel pada area wajah kamu. 

5 dari 5 halaman

4. Tidur dengan Rambut Kotor

Jika sebelum pulang ke rumah kamu berkendara dengan sepeda motor tanpa menggunakan helm, lalu kamu langsung tidur tanpa keramas terlebih dahulu, tentu saja kotoran dan polusi yang menempel pada rambut dapat ikut menempel pada wajah. Hii! Terbayang kan bagaimana kotornya rambut kamu setelah berkutat dengan macetnya jalanan?

Sedangkan, kamu sudah bersusah-payah membersihkan wajah dengan berbagai produk. Untuk menghindari menempelnya kotoran pada rambut ke wajah, usahakan untuk keramas secara rutin, atau ikat longgar rambut kamu agar tidak ‘ke mana-mana’ dan menempel pada wajah.

Reporter

Devina Ellora

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.