Sukses

Jelang Ramadan 2018, Ini Kumpulan Ucapan Maaf untuk Kerabat

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan sudah tiba. Bagi umat muslim di seluruh dunia, Ramadan merupakan bulan yang paling dinantikan. Limpahan pahala yang dilipat gandakan serta ampunan dari Allah SWT turut menyertai di bulan Ramadan.

Oleh sebab itu, kita juga perlu mensucikan hati, pikiran dan tindakan dalam bulan suci ini. Namun, sebelum memperbanyak ibadah di bulan suci, ada baiknya memohon maaf dan memberikan berbagai ucapan Ramadan kepada kerabat dekat. Supaya puasa kita di bulan Ramadan menjadi lebih afdal.

Karena itu, kami rangkum sejumlah ucapan dan kata-kata populer menyambut Ramadan 1439 H.

2 dari 3 halaman

Bagian pertama

1. Marhaban Ya Ramadhan, Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga Allah SWT meridai amal ibadah kita di bulan suci ini. Aamiin ya rabbal'alamin.

2. Antara surga dan neraka. Antara pahala dan dosa. Antara bahagia dan gelisah. Pilih yang pertama agar bahagia. Tak lupa puasa kala Ramadan tiba. Maafkan segala dosaku sebelum puasa. Marhaban ya Ramadan.

3. Setitik tinta jadi noda. Sedikit salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Mohon maaf lahir dan batin.

4. Sebelum cahaya padam. Sebelum hidup berakhir. Sebelum pintu tobat tertutup. Sebelum Ramadan datang. Saya mohon maaf lahir dan batin.

5. Sebelas bulan tak sedikit kata terlontar sudah diucapkan. Mungkin banyak kata yang tak menyejukan. Sebelas bulan tak sedikit yang sudah dibuat dan tak semua menyenangkan. Mari kita saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci penuh berkah.

3 dari 3 halaman

Bagian kedua

6. Tibalah kini bulan Ramadan. Pesan ini dituliskan sebagai ganti jabat tangan, tuk memohon maaf dari kekhilafan segala ucapan dan pebuatan. Mohon maaf lahir dan batin, Marhaban ya Ramadan.

7. Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan.

8. Dalam kesakitan teruji kesabaran. Dalam perjuangan teruji keiklasan. Dalam ukhuwah teruji ketulusan. Dalam tawakkal teruji keyakinan. Hidup ini amat indah jika Allah SWT menjadi tujuan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

9.Andai semua harta adalah racun, zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka takwa dan tobat adalah obatnya. Jika semua bulan adalah noda, maka Ramadan adalah pembersihnya. Marhaban ya ramadan.

10. Tak ada kata seindah zikir. Tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf, untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka, serta sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Sibuk Syuting, Alyssa Soebandono Bagi Kiat Jalani Ibadah Ramadan dan Urus Anak
Artikel Selanjutnya
Puding Jambu Biji