Sukses

Bisa Meramal hingga Diburu Nazi, Ini 6 Fakta Menarik Kaum Gipsi

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak kaum dengan budaya khas masing-masing yang tersebar di dunia. Salah satu kaum yang sudah ada sejak lama yakni kaum Roma. Kaum Roma biasa dikenal dengan sebutan kaum Gipsi. Kaum ini dipercayai berasal dari penduduk India yang bermigrasi ke berbagai penjuru dunia.

Banyak orang tahu bahwa kaum Gipsi adalah kaum yang gemar berpindah tempat alias nomaden. Mereka juga dikenal tertutup dengan dunia luar. Namun tidak hanya itu, ada banyak fakta menarik yang dimiliki kaum Gipsi.

Melansir dari Wittyfeed, berikut enam fakta tentang kaum Gipsi.

1. Tersebar di Seluruh Dunia

 

Karena hidup tertutup, tidak sedikit orang mengira hanya sedikit kaum Gipsi yang tersebar di dunia. Ternyata kaum Gipsi ada banyak dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Diketahui ada lebih dari 11 juta orang Gipsi di dunia ini, bahkan satu juta diantaranya tinggal di Amerika. 

2 dari 6 halaman

2. Beberapa Orang Terkenal Diduga Turunan Gipsi

Di balik sikap mereka yang suka menutup diri, ternyata secara diam-diam mereka juga berkarya dan terkenal. Diduga kuat orang terkenal seperti Elvis Presley dan Bill Clinton adalah turunan dari kaum Gipsi. 

3 dari 6 halaman

3. Peramal

Di balik hidup yang tidak beraturan, ternyata kaum Gipsi dipercayai bisa meramal masa depan. Biasanya mereka meramal dengan menggunakan kartu tarot dan bola kristal.

4 dari 6 halaman

4. Pakaian

Dalam urusan berpakaian, kaum Gipsi lebih suka dengan model pakaiannya sendiri. Mereka tidak ingin mengikuti tren pakaian yang ada di dunia. Bahkan, tidak sedikit produk atau perusahaan pakaian yang membuat baju dengan meniru mode pakaian kaum Gipsi.

5 dari 6 halaman

5. Kebudayaan Gipsi Diangkat ke dalam Film hingga Vidio Gim

Karena memiliki tradisi dan kehidupan yang unik, tidak jarang kebudayaan kaum Gipsi diangkat ke sebuah film hingga vidio gim. Banyak film yang mengikutsertakan budaya Gipsi, diantaranya film Sherlock Holmes, Snatch, dan Children of Men.

6 dari 6 halaman

6. Diburu Nazi

Pada zaman perang dunia kedua (PD II), ternyata bukan hanya masa kelam bagi kaum Yahudi. Pada zaman itu tentara Nazi yang dipimpin Adolft Hitler juga turut memburu kaum Gipsi. Mereka dijadikan sasaran oleh rezim Nazi. Ribuan kaum Gipsi pun terbunuh pada waktu itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: