Sukses

Kreatif, Arsitek Ubah Pabrik Semen Terbengkalai Jadi Hunian Berkelas

Liputan6.com, Jakarta Di tangan arsitek, bangunan lama yang tak terpakai bisa diubah bak istana yang bernilai seni tinggi dan layak huni. Ketika pertama kali melihat pabrik semen yang bobrok di tahun 1973. Richardo Bofill yakin melihat sesuatu yang potensial dari pabrik tersebut.

Pabrik tersebut berlokasi di luar wilayah Barcelona, Spanyol. Orang-orang mengenal pabrik tersebut sebagai mesin pencemaran lingkungan pada era Perang Dunia I. Di mata masyarakat sekitat, pabrik itu hanyalah sebuah bangunan mati yang telah lama di tinggalkan.

Namun Bofill justru mengamati seluk beluk keindahan yang nantinya ia akan ubah menjadi bangunan cemerlang melalui sentuhan tangannya.

Saat datang dan membelinya, Bofill harus melakukan banyak perbaikan pada bangunan tersebut bersama timnya. Bertahun-tahun ia melakukan renovasi dan dekonstruksi parsial. Para tim arsitek juga mulai merangkai bagian luar bangunan tersebut dengan sejumlah vegetasi tumbuhan agar bangunan tersebut menjadi lebih hidup dan berkesan modern.

Hingga akhirnya Bofill kemudian berhasil mengubah pabrik semen tersebut menjadi hunian dengan nama La fábrica. Stuktur bangunan pabrik banyak mengalami perubahan pada bagian dalamnya.

Meski begitu, stuktur bangunan pabrik di bagian luar tak banyak diubah. Malahan ia menyulap bagian pabrik di dalamnya menjadi sebuah hunian yang spektakuler. Orang-orang tak akan pernah menyangka bahwa bangunan pabrik itu bisa menjadi layak huni bak hotel bintang lima.

Sudah hampir 45 tahun lamanya, bangunan pabrik itu berdiri. Sekarang Bofiill menghidupkannya sebagai karya seni dan layak untuk dihuni. Dulu cerobong asap bangunan hanya meluapkan udara dan asap.

Kini cerobong tersebut terlihat hijau dengan tanaman hijau dan hibur yang memlilitnya. Tranformasi kreatif ini terkenal indah dan amat disayangkan jika tak sampai dilihat.

1. Bagian luar bangunan pabrik yang terlihat menakjubkan

 

(Credit Photo:  Ricardo Bofill) Bagian luar pabrik. Bangunan di bagian luar tak mendapat renovasi besar, meski begitu terlihat indah dan menakjubkan.

1 dari 5 halaman

2. Pabrik semen merupakan tempat menakjubkan untuk bekerja

2 dari 5 halaman

3. Setiap ruangan dibuat tujuan yang spesial

3 dari 5 halaman

4. Ruang membaca yang terbilang spektakuler

4 dari 5 halaman

5. Ada piano pada salah satu ruangan di pabrik

Bagaimana tanggapanmu tentang La fábrica?

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Ingin Menjual Rumah? Lakukan Ini agar Lekas Laku
Artikel Selanjutnya
Menyusuri Permukiman Bawah Tanah Warga Kaligawe Semarang