Sukses

Seperti Dalam Kartun, Tampilan Kuda Ini Menuai Kontroversi

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hewan yang sedang naik daun untuk dijadikan hewan peliharaan adalah kuda. Kuda adalah mamalia yang gagah, kuat, dan bisa ditunggangi untuk bersantai di taman atau kebun.

Memiliki sifat yang bisa dijinakan membuat kuda menjadi hewan peliharaan yang populer akhir-akhir ini, terlebih lagi di Eropa. Dengan banyaknya permintaan akan kuda ditambah harganya yang fantastis, maka tidak sedikit orang berlomba-lomba untuk menjadi peternak kuda.

Namun kali ini ada kuda yang berhasil menuai kontroversi. Pasalnya kuda ini memiliki bentuk seperti kuda yang ada di gambar anak-anak atau kartun.

Kuda ini memiliki lubang hidung yang lebar, bola mata yang besar, dan kuping yang lancip yang menjulang keatas. Bernama El Rey Magnum, kuda ini berhasil menyedot perhatian publik.

 

1 dari 3 halaman

Para Ahli Mengkhawatirkan Kesehatan Magnum

Magnum sendiri adalah kuda yang berasal dari peternakan Orrion Farms yang berbasis di Washington. Sejak fotonya diunggah, banyak penawar yang ingin membeli Magnum karena tampilannya yang menarik.

Tidak ketinggalan juga para ahli yang ikut mengkritik peternakan tersebut. Beberapa ahli menyatakan bahwa mereka ketakutan oleh ciri-ciri ekstrim yang ada pada Magnum.

Mereka mengkhawatirkan kesehatan Magnum ke depannya. Magnum sendiri adalah kuda keturunan Arab. Maka dari itu Magnum memiliki lubang hidung yang besar.

Di tempat asalnya, lubang hidung yang besar sangat berguna bagi pernafasan mereka saat di gurun pasir. Dengan begitu udara yang masuk ke paru-paru akan lebih besar sehingga daya tahan mereka di gurun sangat kuat.

Para ahli juga yakin, proses pengembangbiakkan Magnum memiliki campur tangan dari para pengembang sehingga memiliki fisik yang seperti itu. Namun penasihat Orrion Farm menampik semua kritikan itu.

 

2 dari 3 halaman

Bernilai Jutaan Dolar

"Saya pikir sebagian besar orang tersebut  tidak mengembangbiakkan kuda, mereka adalah orang-orang yang tidak mengerti," ujar Doug Leeadley selaku penasihat Orrion Farm.  

Beberapa ahli kuda khawatir bahwa penampilan El Rey Magnum yang sangat seperti itu membuatnya sangat sulit baginya untuk bernapas dengan benar di negara Eropa.

Bahkan tidak sedikit dokter hewan mengatakan bahwa foto tersebut merupakan foto editan sejak kemunculannya di dunia maya.

"Pikiran pertamaku adalah apakah ini karya tipuan CGI?" ujar Editor Veterinary Record Adele Waters, begitu juga dokter spesialis kuda memiliki reaksi yang sama.

Meski mendapat kritik habis-habisan dari para ahli, El Rey Magnum berhasil memikat para pembeli dengan tawaran harga yang fantastis. Orrion Farms mengklaim bahwa kuda muda yang berusia satu tahun itu sudah bernilai jutaan dolar.

Artikel Selanjutnya
Luar Biasa, 5 Hewan Ini Hidup dan Bertahan di Dalam Lava
Artikel Selanjutnya
Mencekam, Detik-Detik Penyelam Diserang Kawanan Hiu di Pantai Durban