Sukses

Tebak, Berapa Jumlah Jari Kaki Kuda? Ini Jawabannya

Liputan6.com, New York - Sebuah studi baru-baru ini mengungkap bahwa seekor kuda sebenarnya mempunyai lima jari di setiap kakinya. Penemuan tersebut sekaligus membantah bahwa seluruh jenis kuda hanya memiliki satu jari kaki, yang biasanya ditutupi oleh sepatu besi.

Para ilmuwan telah lama menduga bahwa kuda pacu, zebra, kuda poni, atau jenis kuda lainnya secara bertahap kehilangan jari kakinya selama evolusi jutaan tahun lalu. Uniknya, fenomena ini juga melanda seluruh mamalia.

Asumsi tersebut tak sepenuhnya benar, menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science.

"Kami memiliki bukti bahwa jari-jari yang hilang sebenarnya masih ada," ungkap penulis utama studi itu, Nikos Solounias, yang juga merupakan seorang profesor di New York Institute of Technology, seperti dikutip dari News.com.au., Senin (26/2/2018).

"Kelima jari kuda telah menyatu, membentuk kuku seperti yang kita ketahui sekarang," jelasnya, dengan menggambarkan setangkai bunga tulip kuncup.

Jari-jari tersebut, kata Solounias, tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Periset harus melakukan pemeriksaan tulang, meneliti fosil dan arteri pada embrio kuda.

Para ilmuwan sepakat bahwa manusia, kuda dan mamalia lainnya berasal dari nenek moyang yang sama, mempunyai lima jari.

"Kuku dan kaki panjang membantu kuda berlari lebih jauh dan lebih cepat di padang rumput terbuka, membantu mereka melarikan diri dari predator dan menemukan rumput segar untuk makanan," American Museum of Natural History menjelaskan.

Tapi sekitar sembilan juta tahun lalu, jari tengah kuda-kuda liar berubah menjadi tulang panjang, atau disebut metacarpal. Beberapa ilmuwan mengakui bahwa struktur bergelombang yang terdapat pada kuku depan kuda telah membagi jari jemari hewan kaki empat ini.

Para peneliti juga menelusuri metamorfosis bertahap anggota tubuh kuda selama 55 juta tahun evolusinya, yang menunjukkan bahwa jari tersebut telah menyatu.

Yang lebih mengejutkan lagi, saat ilmuwan melakukan pembedahan terhadap janin kuda, mereka menemukan jaringan neurovaskular yang menumbuhkan lima jari di kakinya, bukan satu.

"Jika ada lima jari, seharusnya ada 10 saraf primer dan 10 arteri, persis seperti yang kita temukan," kata Solounias.

 

Simak video pilihan berikut ini:

1 dari 2 halaman

Aksi Anjing Tunggangi Kuda Poni

Sebelumnya, ada kejadian lucu yang terjadi di Missouri, Amerika Serikat. Seorang wanita di wilayah itu menangkap gambar tak biasa saat memasuki halaman rumahnya.

Dikutip dari laman AsiaOne, Kamis 8 Februari 2018, Callie Schenker melihat ada seekor anjing yang sedang menunggangi kuda poni kepunyaannya.

"Saya tak bisa melakukannya. Inilah yang mereka lakukan," ujar Schenker saat merekam video yang telah ia unggah ke laman Facebook pribadinya.

Ada dua ekor kuda poni yang tertangkap di dalam rekaman. Namun, anjing itu menaiki salah satunya. Bahkan saat menunggani kuda, anjing itu terlihat santai dan malah melirik ke kamera.

Video yang sangat menghibur ini telah disaksikan oleh netizen sebanyak 5 juta kali penayangan sejak diunggap pada 1 Februari lalu.

Video ini juga bahkan telah dibagikan lebih dari 90 ribu kali. Banyak yang menanyakan soal kondisi anjing yang menunggangi kuda tersebut.

Lewat akun pribadinya juga, Schenker memastikan bahwa anjing itu sama sekali tak terluka.

"Anjing itu tidak terluka. Anjing itu juga tak disalahgunakan di rumah ini," ujar Schenker.

Anjing itu sendiri adalah milik tetangga Schenker yang diduga masuk lewat sebuah pintu kecil dan menyusup ke kandang kuda miliknya.

Artikel Selanjutnya
Mirip Film Jumanji, Ada Kuda Lepas di Jalan Raya Malaysia
Artikel Selanjutnya
Mengintip Kehidupan Kusir Delman di Sudut Jakarta