Sukses

Tips Saat Kamu Ingin Menyaksikan Gerhana Bulan Total

Liputan6.com, Jakarta Gerhana bulan yang di prediksi akan terjadi pada tanggal 31 Januari 2018, memang terbilang spesial. Bagaimana tidak, gerhana tahun ini akan memperlihatkan fullmoon, supermoon, dan eclips secara bersamaan, sehingga bulan akan tampak lebih besar dan bersinar. Hal ini jarang terjadi, mengingat kejadian serupa terjadi sekitar 152 tahun yang lalu.

Fenomena ini bisa kita saksikan diseluruh Indonesia. Bagi kamu yang tidak ingin melewatkan momen ini, berikut hal yang harus kamu perhatikan sebelum melihat gerhana bulan, agar memberikan pengalaman berkesan.

1 dari 3 halaman

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Meskipun gerhana ini bisa kamu saksikan dimana saja, namun ada beberapa tempat yang bisa menjadi rekomendasi kamu untuk melihat gerhana agar lebih jelas. Seperti lapangan yang luas, roof top, atau balkon rumah. Selain itu, hindari tempat-tempat yang banyak polusi seperti mall, karena cahaya bulan tidak akan terlihat secara maksimal.

2. Mengunjungi Tempat Peneropongan Umum

Jika kamu ingin melihat fenomena gerhana bulan ini lebih dekat, kamu bisa mengunjungi tempat Peneropongan Umum yang terdapat di kotamu. Bagi warga ibu kota, Planetarium Jakarta bisa menjadi tujuan utama kamu jika ingin menyaksikan fenomena tersebut. Atau untuk yang berada di kota kembang Bandung, Kantor Pusat Sains Antariksa LAPAN bisa menjadi tempat yang tidak akan kamu lupakan saat menyaksikan gerhana bulan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menyaksikan Gerhana Bulan dari Awal hingga Akhir

Untuk menyaksikan fenomena langka ini, kamu sebaiknya datang lebih awal jika memiliki tempat khusus untuk menyaksikannya, agar kamu tidak melewatkan sedetikpun proses gerhana bulan. Menurut laman resmi BMKG, gerhana total akan terjadi mulai pukul 19.51 WIB dan berakhir pada pukul 21.08 WIB dengan total waktu 1 jam 16,8 menit.

4. Jangan Lupa Mengabadikan Momen Langka ini

Buat kamu yang sering update di media sosial, momen ini merupakan kesempatan emas untuk berbagi kepada temanmu di dunia maya. Kamu bisa mengabadikan momen ini menggunakan gawai atau kamera D-SLR. Namun, jangan terlalu fokus mengabadikan momen lewat gawai, kamu juga harus menikmatinya dengan mata secara langsung.

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
6 Fakta Dampak Gerhana Bulan bagi Tubuh
Artikel Selanjutnya
Ini Lokasi Ideal Saksikan Gerhana Bulan Besok