Sukses

5 Cara Bangkitkan Semangat Kerja Usai Liburan Akhir Tahun

Semangat kerja saat mengawali tahun baru 2018 itu penting. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Semangat kerja saat mengawali tahun baru 2018 itu penting. Masa semangat kerja kamu malah kendor usai liburan tahun baru?

Liburan seharusnya bisa memompa semangat kerja kamu. Meskipun masih ada beberapa tanggungan kerjaan pada tahun sebelumnya, pastikan bahwa dalam pekan pertama tahun baru, semua pekerjaan yang sempat tertunda karena liburan tahun baru bisa kamu selesaikan dengan sempurna, agar tidak ada lagi beban utang pekerjaan dari tahun sebelumnya.

Berikut beberapa tips bangkitkan semangat kerja usai liburan akhir tahun.

1. Bawakan oleh-oleh untuk teman kerja

Jika kamu pulang dari liburan, tidak ada salahnya membawakan buah tangan bagi teman-teman kantor. Banyak berbagai akan menambah rezeki. Jangan pernah ragu untuk berbagi pada sesama rekan kerja. Berbagi selalu membuat perasaan jadi lebih baik, dan juga bisa membuat mood kantor menjadi lebih ceria.

Salah satu oleh-oleh paling praktis dan juga tahan lama adalah kopi. Nah, kalau belum sempat belanja oleh-oleh, kamu bisa menyiapkan dulu belanja oleh-oleh secara online.

Sekarang cukup banyak online shop yang bisa mengirimkan oleh-oleh dalam waktu singkat, sehingga kamu tidak perlu repot membawa oleh-oleh dengan membayar ekstra bagasi. Harganya pun tidak akan terpaut berbeda jika berbelanja sendiri yang belum memperhitungkan ongkos serta tenaga yang dikeluarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Minta bantuan rekan kerja

Semangat kerja awal tahun baru 2018 bisa kamu bangun bersama dengan rekan kerja. Segala sesuatu bahkan pekerjaan yang sulit sekalipun akan lebih mudah dikerjakan bersama. Kerjasama dalam sebuah tim lebih mudah dilakukan daripada dilakukan sendirian.

Distribusi tugas dan beban kerja akan lebih merata. Dengan begitu, target pekerjaan tahun depan akan lebih mudah dicapai dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan dikerjakan sendirian. Jangan sungkan meminta rekan kerja, tapi juga bukan berarti harus dijadikan kebiasaan. Berikan timbal balik yang sepadan, tawarkan juga bantuan secara sukarela saat rekan kerja membutuhkan.

3 dari 5 halaman

3. Kerjakan dari yang paling mudah

Dalam pendidikan, semua kesulitan bisa dilalui dengan cara menyelesaikan dari pekerjaan yang paling mudah terlebih dahulu. Jika kamu bukan orang yang termasuk tipe multitasker, lebih baik fokuskan pada salah satu pekerjaan terlebih dahulu sebelum beralih pada pekerjaan yang lainnya.

Urutkan berdasarkan prioritas pekerjaan dari yang paling mudah. Setelah pekerjaan yang paling mudah terselesaikan, barulah pindah ke pekerjaan selanjutnya. Ibarat sebuah piramida, kerjakan dari yang paling mendasar dan sebagai pondasinya, kemudian menyelesaikannya dengan pekerjaan yang lebih terfokus dan terarah.

4 dari 5 halaman

4. Susun target untuk satu tahun ke depan

Biasanya beberapa perusahaan ada yang menggelar rapat kerja pada awal tahun baru meskipun umumnya semua target tahun baru sudah diselesaikan pada akhir tahun sebelumnya.

Susun rencana pekerjaan dari jangka waktu paling pendek terlebih dahulu kemudian susun rencana jangka panjang. Jangan lupakan mimpi diri sendiri dan jangan terlalu terlarut dalam pekerjaan sehingga melupakan impian pribadi, impian keluarga dan impian lainnya. Susun berdasarkan ukuran yang kamu prioritaskan.

Jangan terjebak dengan zona nyaman. Jika merasa kamu harus pindah dan mempelajari sesuatu hal yang baru, jangan pernah ragu untuk mendapatkan lingkungan yang lebih baik sehingga keterampilan dan kemampuan kognitif kamu juga bertambah.

5 dari 5 halaman

5. Bebaskan diri dari gosip

Gosip dan berita hoax menjadi salah satu yang wajib dihindari agar kamu bisa fokus dengan mimpi-mimpi kamu sendiri. Jangan pernah membahas gosip apalagi membuka aib rekan kerja atau orang lain melalui media sosial. Masalahnya, sudah banyak korban berjatuhan gara-gara media sosial. Gunakan medsos dengan bijak, jangan sampai merusak reputasi diri sendiri gara-gara medsos.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/5-tips-bangun-semangat-kerja-awal-tahun-baru-2018/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.