Sukses

7 Tradisi Hidangan Khas Lebaran yang Paling Ngangenin

Ketika lebaran tiba, biasanya akan ada tradisi hidangan khasnya yang selalu bikin kangen.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran memang menjadi hari raya kemenangan bagi umat muslim. Tak heran jika tersedia berbagai hidangan spesial khas lebaran saat menyambut hari raya Idul Fitri. Terlebih, lebaran juga menjadi hari spesial di mana semua anggota keluarga bisa berkumpul untuk bersilaturrahmi.

Berikut tujuh tradisi hidangan spesial khas lebaran yang wajib tersedia selama Idul Fitri.

1. Ketupat Lebaran

Ketupat lebaran merupakan makanan khas lebaran di Tanah Air. Ketupat disajikan dengan anyaman janur yang berbentuk jajaran genjang. Namun, sebetulnya ketupat memiliki hampir lebih dari 10 bentuk lainnya.

Bagi masyarakat Jawa, ketupat memiliki nilai filosofis dan historis. Makna ketupat lebaran adalah kesucian lahir batin sehingga saat Idul Fitri semuanya kembali suci.

2. Opor Ayam

Masakan dengan kuah santan ini memang enak banget. Rasanya belum lengkap jika tidak ada opor ayam saat lebaran. Tak heran jika menu opor ayam menjadi pasangan yang lengkap dengan ketupat lebaran.

3. Rendang

Selain opor ayam, rendang juga kerap disajikan sebagai hidangan spesial yang wajib ada dalam menu lebaran komplit. Makanan yang dikategorikan makanan paling enak sedunia ini memang sudah menjadi ikon hari raya di Indonesia, meskipun berasal dari Sumatra.

4. Kastengel

Kue lebaran yang satu ini terkadang suka habis duluan sebelum lebaran tiba. Rasanya enak, gurih dan renyah karena bebahan keju. Dua toples saja rasanya tidak cukup untuk persediaan kue lebaran yang spesial di hari raya.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.