Sukses

Terungkap, Kisah Sebenarnya di Balik Foto Kodok Raksasa

Mereka mengatakan bahwa kodok-kodok di Texas memang lebih besar daripada di tempat lain, namun benarkah demikian?

Liputan6.com, Texas - Beberapa pekan lalu, di media sosial beredar foto kodok raksasa yang ditangkap oleh seorang pemburu di Batesville, Texas. Mereka mengatakan bahwa kodok-kodok di Texas memang lebih besar daripada di tempat lain, namun benarkah demikian?

Foto-foto itu dibagikan oleh halaman Facebook Texas Hunting Association dengan judulnya "Ingin berbagi kodok raksasa yang kami dapatkan kemarin sore di salah satu kolam pemancingan kami di peternakan South Texas di Batesville. Beratnya mencapai 13 pound (5,8 kilogram). Kodok monster!"

Sejak diunggah pertama kali, foto itu telah dibagikan lebih dari 275 ribu kali dan menerima ribuan komentar. Banyak yang mengomentari ukuran kodok tersebut namun ada juga yang meragukan keasliannya.

Steve Lightfoot, juru bicara Texas Parks & Wildlife Department mengatakan pada Chron bahwa foto tersebut asli, namun mungkin terdapat kesalahpahaman.

"Ini tidak sebesar seperti yang terlihat. Ilusi optik yang membuatnya demikian besar," kata Steve.

Ia menjelaskan karena kodok itu diangkat ke arah kamera, karenanya terlihat lebih besar. Ilusi visual membuat objek tampak lebih besar daripada yang sebenarnya dengan mengotak-atik perspektif manusia.

Katak terbesar di dunia adalah katak Goliat dengan panjang mencapai 32 sentimeter dan berat mencapai 3,25 kilogram.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.