Sukses

10 Cara Membuat Api Tanpa Korek Di Alam Liar

Setelah bencana terjadi, kita harus mampu bertahan hidup sebelum bantuan datang dan cara membuat api

Liputan6.com, Jakarta Setelah bencana terjadi, kita harus mampu bertahan hidup sebelum bantuan datang dan cara membuat api merupakan hal paling penting yang harus dikuasai oleh setiap orang. Dengan adanya api, kita bisa memasak air agar aman untuk diminum, bisa memasak makanan, menghindari kita dari dinginnya malam, dan mengamankan kita dari gangguan binatang buas.

Dalam kondisi bertahan hidup setelah bencana, tidak selamanya korek api ada bersama kita namun kita harus membuat api. Bagaimana caranya membuat api di alam? Berikut ini saya paparkan 12 cara membuat api sebagaimana saya kutip dari website Men-ID, Survival Alam dan beberapa sumber lainnya.

Membuat Api Dgn Gesekan

Membuat api dengan geserkan merupakan cara tertua yang pernah dilakukan oleh manusia. Membuat api dengan cara ini dilakukan dengan mengesekan kayu dengan kayu atau antara batu api (chert/flintstone) dengan besi. Berikut ini membuat api dengan gesekan dari yang termudah ke yang tersulit.

Selengkapnya

Pengirim:

Ibnu Rusydy

Twitter : @melek_bencana

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.