Sukses

Ada-ada Saja, NASA Bikin Organisasi Penangkal Kiamat

Terdapat satu teori yang dipercaya hingga saat ini, asteroid adalah yang menyebabkan punahnya kehidupan dinosaurus pada zaman itu.

Citizen6 Jakarta Sejak dulu NASA selalu beranggapan, salah satu penyebab hancurnya Bumi alias kiamat adalah adanya tabrakan hebat antara benda luar angkasa dengan Bumi. Salah satu objek luar angkasa yang disebut NASA mempunyai potensi amat membahayakan itu adalah asterorid. Bahkan terdapat satu teori yang dipercaya hingga saat ini, asteroidlah yang menyebabkan punahnya kehidupan dinosaurus pada zaman dulu.

Dikutip dari space.com, NASA merinci terdapat lebih dari 13.500 asteroid yang bertebaran di sekitar orbit Bumi. Sebanyak 95 persen di antaranya, ditemukan NASA saat memulai penelitian mengenai objek di sekitar orbit Bumi.

Untuk mengantisipasi dampak mengerikan aktvitas objek-objek di orbit Bumi tersebut, NASA baru-baru ini membentuk sebuah organisasi khusus yang bertanggung jawab untuk mempertahankan Bumi dari kepunahan.

Organisasi itu bernama PDCO (Planetary Defense Coordination Office), yang akan bermarkas di Washington DC, dan berada di bawah naungan divisi Planetary Science of NASA.

Lindeley Johnson, salah satu eksekutif NASA untuk program Near Earth Object mengatakan, organisasi ini akan benar-benar menaruh konsentrasi untuk melindungi Bumi, khususnya ancaman dari asteroid. Johnson mengatakan, setidaknya ada 5 tugas khusus yang akan diampu PDCO antara lain, mengawasi setiap objek yang mendekati Bumi dan Matahari.

Selain itu, PDCO juga akan memimpin segala bentuk operasi pertahanan terhadap ancaman asteroid yang berpotensi menabrak Bumi. "Termasuk di antaranya menjalin kerja sama dengan Federal Emergency Management Agency dan membantu pemerintah mengatasi krisis akibat ancaman asteroid," ujar Johnson seperti dilansir space.com.

Tidak hanya itu, PDCO juga akan memberikan peringatan dini kepada warga dunia dari ancaman asteroid berdasarkan data-data akurat. Setiap tahun NASA telah menghitung, sedikitnya terdapat 1.500 objek baru yang muncul dan mendakati Bumi.

"Inilah yang akan menjadi fokus perhatian PDCO, kita akan benar-benar mengantisipasi kehancuran Bumi dari ancaman objek-objek tersebut," pungkas Johnson. (War/Kw)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.