Sukses

Tips Merawat Buku Agar Berumur Panjang

Untuk merawat buku agar umurnya panjang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Merawat buku sebenarnya susah-susah gampang. Apabila Anda orang yang benar-benar mencintai buku, pastilah Anda mau meluangkan waktu untuk merawat buku-buku yang Anda miliki.

Buku yang terawat juga memberi kebahagiaan tersendiri bagi sang pemiliknya. Ada kebanggaan tersendiri bagi pemilik buku saat melihat buku-bukunya yang terawat dipuji oleh seseorang. Yah istilahnya, "Buku aja dirawat, apalagi pasangan sendiri."

Berikut tips merawat buku agar umurnya panjang:

1. Pastikan ruangan tempat buku disimpan udaranya tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang meamdai. Untuk mendapatkan udara yang cukup, ruangan tempat buku disimpan harus memiliki jendela atau lubang ventilasi.

2. Usahakan untuk tidak meletakkan buku berdekatan dengan lantai. Dengan kata lain, jangan letakkan buku di bagian paling bawah. Pilih tempat yang mudah dilihat dan dijangkau seperti bagian tengah atau atas.

3. Posisi buku hendaknya diberdirikan atau dijajarkan ke samping. Posisi seperti ini memungkinkan udara untuk untuk masuk ke sela-sela buku lewat celah lembaran buku. Bila buku diletakkan bertumpuk, dikhawatirkan udara tak bisa masuk dan mempercepat kelembaban.

4. Taburlah kamper di sela-sela buku atau di pojok-pojok lemari penyimpanan buku. Gunanya untuk mengusir ngengat dan mengurangi bau tak sedap.

5. Setiap dua pekan sekali, biasakan untuk menukar letak buku. Bila memungkinkan, keluarkan buku-buku dari lemari penyimpanan dan letakkan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.

6. Tak ada salahnya memberi lampu dengan cahaya yang cukup di dalam lemari buku. Hal ini dengan tujuan agar buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu juga akan menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku.

7. Sampul buku dengan plastik untuk menjaga agar kondisinya tetap baik.

8. Untuk buku-buku yang usianya sudah cukup tua, berhati-hatilah dalam membuka tiap halamannya. Sebab buku-buku tua rentan akan kerusakan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini