Sukses

6 Bahan Alami Pengusir Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseornag. Karena kondisi ini sangat mengganggu dalam bergaul.

Citizen6, Jakarta Pernahkah kamu tidak pede karena bau mulut yang tidak sedap? Bau mulut atau halitosis adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Karena kondisi ini sangat mengganggu dalam bergaul, bersosialisasi dan membangun networking. 

Salah satu cara untuk mengatasi kondisi ini, selain harus rajin menggosok gigi setiap habis makan, sebaiknya juga harus minum air putih yang cukup.  Bila gangguan ini masih belum teratasi, jangan khawatir, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan untuk mengatasi masalah bau mulut.

Ini ada beberapa bahan alami yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan bau mulut

1. Daun Sirih

6 Bahan Alami Pengusir Bau Mulut Tak Sedap

Tanaman merambat yang hanya ada di Indonesia ini sangat banyak manfatnya untuk merawat kesehatan. Caranga sangat sederhana, rebuslah 10 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, kemudian air hasil rebusan bisa dipakai untuk berkumur dengan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan 2 kali sehari. (Gambar diambil dari  http://daunsirih.com/wp-content/uploads/2012/09/Pemanfaatan-Daun-Sirih.jpg)

2. Jahe

6 Bahan Alami Pengusir Bau Mulut Tak Sedap

Jahe biasanya dipakai sebagai penambah aroma minuman. Misalnya wedang jahe atau bajigur yang biasanya bermanfaat utnuk menghangatkan badan. Namun manfaat jahe tak hanya sebatas itu.. Untuk menghilangkan bau mulut, rebus jahe yang telah dikupas dan dipotong-potong tipis kedalam air sebanyak 400 ml.  

Rebus hingga air jadi setengahnya, bagi air rebusan tadi menjadi 2, gunakan untuk berkumur masing-masing saat pagi dan malam. (Gambar diambil dari  http://www.medanmagazine.com/wp-content/uploads/2011/11/jahe.jpg)

3. Cengkeh

6 Bahan Alami Pengusir Bau Mulut Tak Sedap

Rempah ini dulu kala nilainya setara emas. Cengkeh banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Selain itu cengkeh juga sangat manjur untuk menghilangkan bau mulut. Caranya rebus segenggam cengkeh pada 400 ml air, tunggu hingga air menjadi setengahnya.

Setelah itu, bagi 2 air rebusan tadi dan gunakan untuk berkumur masing-masing saat pagi dan malam.
 
(Gambar diambil dari: http://kibeanz.files.wordpress.com/2012/12/5527758-clove-spice-closeup-on-white-background1.jpg)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2


4. Kencur dicampur jeruk purut

6 Bahan Alami Pengusir Bau Mulut Tak Sedap

Beruntung sekali orang Indonesia, begitu banyak bahan alami yang bisa dipakai untuk menjaga kesehatan. Kencur (Kaempferia galanga L) mengandung minyak atsiri ini selain dipakai untuk obat juga sebagai bumbu masakan.

Peras kendur dan jeruk purut dengan perbandingan kencur 5 : 2 jeruk purut. Campurkan air perasan keduanya. Minum campuran tersebut 2x sehari sebanyak 1-2 sendok makan.
(Gambar diambil dari  http://4.bp.blogspot.com/--Fp9JNK-q0I/UFAPu7oKDyI/AAAAAAAAAQI/0KKmaZ5vwVQ/s1600/beras+kencur.JPG


5. Daun kemangi

6 Bahan Alami Pengusir Bau Mulut Tak Sedap

Yang terakhir adalah yang paling mudah ditemui, daun kemangi. Daun ini biasa dibuat lalapan atau bisa dibuat campuran sayur bening atau sup ikan, pepes ikan atau yang lain. (Gambar diambil dari: http://disehat.com/wp-content/uploads/2014/10/manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan.jpg

Itulah beberapa tanaman yang dapat menghilangkan bau mulut, namun selain menggunakan tanaman diatas, jagalah juga kebersihan mulut seperti sikat gigi saat mandi dan sesudah makan dengan menggunakan pasta gigi.

 

Pengirim:

Deven Febri Anugrah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.