Sukses

Daniele De Rossi Ternyata Pernah Menolak Roma

Daniele De Rossi memulai kariernya sebagai striker dan awalnya menolak kesempatan untuk bermain di AS Roma.

Kapten masa depan AS Roma. Begitulah jabatan yang kemungkinan diberikan kepada Daniele De Rossi jika Francesco Totti gantung sepatu. Bermain untuk Roma sejak 2001, De Rossi kini sudah menjadi ikon klub Serie A tersebut selain Totti. Tapi, siapa sangka jika pemain berusia 30 tahun itu sempat menolak kesempatan bermain di klub tersebut.

"Roma datang untuk mendapatkan saya ketika saya berusia sembilan tahun dan saya tidak ingin pergi karena terlalu senang dengan teman-teman di Ostia Mare (tempat kelahiran De Rossi). Sebaliknya saya pergi pada usia 11-12. Saya masih tinggal di daerah Ostia dan mempertahankan kasih sayang khusus untuk tempat itu," kata Totti kepada situs UEFA seperti dilansir Football Italia, Jumat (6/9/13) waktu setempat.

"Saya pindah ke tim pertama Roma bertahap. Saya ingat dengan penuh emosi hari pertama saya di Roma, perbedaan antara Ostia Mare dan klub ini, fasilitas, dan sepatu baru. Itu hampir seperti melangkah ke dunia sepakbola yang berbeda."

Semula, De Rossi bukanlah seorang pemain gelandang bertahan seperti sekarang ini. "Ketika saya masih kecil, saya bermain sebagai striker. Kemudian saya perlahan-lahan ditarik kembali ke peran trequartista, gelandang serang, dan akhirnya di tempatkan di depan pertahanan," ungkap De Rossi yang juga dapat bermain sebagai bek tengah untuk klub dan negara.

"Bermain sebagai striker membantu saya untuk memahami gerakan tengah ke depan sehingga bisa mengantisipasi semua gerakan mereka, serta mampu menargetkan gol ketika akan maju. Ini tetap menjadi bagian yang sangat penting dari kesadaran taktis saya."

Ayahnya, Alberto yang menjadi pelatih di akademi Roma, memainkan peran penting dalam kariernya. "Ayah saya membantu tanpa menempatkan tekanan atau stres kepada saya untuk mendapatkan hasil. Di yunior Roma, saya pelajari kualitas teknis yang masih berguna sampai hari ini," ujar Totti.

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/17Xm98g">Tim dengan Pemain Termahal di Dunia Dibungkam Macedonia</a>
* <a href="http://bit.ly/15G0dP4">Usai Lawan Juve, Thohir Jadi Bos Baru Inter?</a>
* <a href="http://bit.ly/14yVsk9">Ronaldo Ukir Rekor Bersama Timnas Portugal</a>
* <a href="http://bit.ly/18BIdBw">Hat-trick Ronaldo Menangkan Portugal</a>
* <a href="http://bit.ly/1dWJBpx">Wow, Pemain Muda Ini Dapat Ajakan `Bercinta` Saat Wawancara</a>
* <a href="http://bit.ly/15wuNog">Putra Mourinho Gabung Fulham</a>
* <a href="http://bit.ly/1andVbi">Wanita Seksi Ini Tak Mau Jadi Pacar Pemain Bola, Kenapa ?</a>

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.