Sukses

MU Bisa Jatuh ke Tangan Amerika Serikat Lagi, Ada 4 Proposal dari Negeri Paman Sam

Liputan6.com, Jakarta Proses penjualan Manchester United oleh Keluarga Glazer semakin seru dan menarik. Peminat MU sangat banyak dan kemungkinan masih akan tetap dikendalikan oleh grup dari Amerika Serikat.

Sebelumnya ada dua kandidat terkuat pemilik baru MU yakni Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dari Qatar dan salah satu orang terkaya di Inggris Raya, Sir Jim Ratcliffe.

Keduanya sudah mengajukan penawaran baru untuk bisa memiliki MU. Diduga baik Sheikh Jassim maupun Ratcliffe kini bersedia membeli MU senilai lima miliar poundsterling.

Di tengah persaingan Sheikh Jassim dan Ratcliffe, Football Insider pada akhir pekan ini melaporkan ada empat proposal lain yang berasal dari Amerika Serikat.

Empat konsorsium yang berbasis di Amerika Serikat sudah mengajukan proposal resmi kepada Raine Group (bank yang ditunjuk keluarga Glazer untuk mengurus penjualan MU). Dua dari empat konsorsium asal Paman Sam yang diduga juga tertarik membeli MU adalah Ares Management dan Elliott Management.

Elliott Management sebelumnya dikenal sebagai pemilik AC Milan. Mereka dikabarkan cuma mau membeli sebagain kecil saham MU yang akan disukai Joel dan Avram Glazer karena membuat mereka masih punya pengaruh di Old Trafford.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investasi Segar di MU

Meski pada November 2022 menyatakan akan menjual MU, Keluarga Glazer bisa memutuskan untuk tidak menjual penuh dan sebagai gantinya hanya membawa investasi segar. Bila cuma investasi baru saja, Elliott Management bisa diunggulkan.

Beberapa bulan lalu raksasa teknologi Amerika Serikat Apple dan Elon Musk juga sempat dikabarkan berminat memiliki MU. Namun isu ketertarikan mereka kemudian lenyap seiring hadirnya Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe.

3 dari 4 halaman

Proses Penjualan MU Bakal Alot

Proses penjualan MU sendiri masih akan memakan waktu lama. Awalnya MU diperkirakan memiliki pemilik baru di Maret 2023, kemudian molor menjadi April. Kini diperkirakan proses penjualan klub baru akan kelar di Juni 2023.

Fans MU begitu menantikan siapa pemilik baru klub. Mereka sudah tidak suka dengan Keluarga Glazer yang sudah berkuasa sejak 2005. Kebijakan Keluarga Glazer selama ini tak berpihak kepada fans dan lebih mementingkan cuan semata.

Beberapa kali fans MU sampai menggelar demonstrasi menuntut Keluarga Glazer segera angkat kaki. Doa dan harapan tersebut mulai terlihat hasilnya pada November 2022 ketika Keluarga Glazer mengumumkan mempertimbangkan menjual MU.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika
    Amerika Serikat adalah salah satu negara republik konstitusional federal di Benua Amerika

    Amerika Serikat

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United atau MU akan melakukan transfer manager baru dan pemain, untuk memperkuat skuad-nya.

    Berita MU

  • Berita Bola

  • Keluarga Glazer