Sukses

Hasil Piala Presiden 2022: Tekuk Dewa United, PSS Sleman Melaju ke Perempat Final

Bertanding di Stadion Manahan, Solo, Ze Valente berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-71. Dengan kemenangan ini, PSS mengunci posisi runner up grup A dengan 7 poin.

Liputan6.com, Jakarta PSS Sleman berhasil melaju ke babak delapan besar Piala Presiden 2022 usai mengalahkan Dewa United 1-0, Senin (27/6/2022). Satu-satunya gol pada pertandingan ini dicetak oleh pemain asing milik Elang Super Jawa, José Pedro Magalhães Valente atau yang akrab disapa Ze Valtente. 

Bertanding di Stadion Manahan, Solo, Ze Valente berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-71. Dengan kemenangan ini, PSS mengunci posisi runner up grup A dengan 7 poin. PSS mengikuti jejak PSIS Semarang yang lebih dulu melaju ke perempat final Piala Presiden 2022 sebagai juara grup.

PSIS tidak tergusur dari puncak klasemen dengan torehan 10 poin dari 4 laga. Dua posisi teratas tidak mungkin tergusur lagi meski malam ini, Persita Tangerang yang berada di tempat ketiga masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Persis Solo yang menempati posisi kelima. 

Persita yang baru mengemas 3 poin dipastikan tidak akan bisa menembus posisi dua besar meski berhasil mengalahkan Persis Solo di laga terakhirnya. Begitu juga dengan tuan rumah Persis. Kemenangan atas Persita juga tidak mungkin mendongkrak mereka ke urutan dua teratas. 

Saat ini, Persis masih berada di dasar klasemen dengan 2 poin dari 3 laga. Nasib yang sama juga dialami oleh Dewa United. Kekalahan atas PSS juga mengirim tim promosi itu pulang ke rumah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Pertama

PSS Sleman yang sangat berambisi melaju ke babak 8 besar Piala Presiden 2022 tampil menekan sejak menit pertama. Baru empat menit pertandingan berjalan, Elang Super Jawa sudah mengancam gawang Dewa United lewat bola mati. Sayang umpan yang disodorkan Ze mampu dihalau lawan.

Tiga menit berselang, PSS kembali mendapat tendangan bebas. Kali ini lewat sisi kanan penyerangan. Sayang, tendangan melengkung Ze juga gagal dimanfaatkan.

Memasuki menit ke-23, PSSI kembali mengancam lewat tusukan Syaiful Ramadhan dari sisi kiri. Hanya saja, tendangannya masih melebar dari mulut gawang lawan.

Dewa United harus melakukan pergantian dini pada menit ke-21. Feby Eka yang mengalami cedera terpaksa ditarik ke luar dan digantikan oleh Theo Fillo Numberi.

Pada menit ke-28, Dewa United sempat mengancam lewat sundukan Rossi memanfaatkan umpan Mitrevski. Namun bola masih mampu diamankan kiper PSS, Ridwan.

Mantan striker Indonesia, Boaz Solossa yang bermain untuk PSS mendapat ruang tembak di menit 45 dari luar kotak. Bola mengarah ke gawang Dewa United, tapi gagal berbuah gol setelah berhasil diamankan oleh kiper Dewa United.

Hingga turun minum, skor tidak berubah 0-0.

 

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, PSS kembali bersusaha mengontrol permainan. Tekanan demi tekanan dilancarkan pasukan Elang Super Jawa, namun gagal mencetak gol di 20 menit pertama.

Dewa United berusaha keluar dari tekanan. Memanfaatkan serangan balik, tim promosi itu beberapa kali mampu megancam gawang PSS, tapi masih gagal berbuah gol.

Tekanan demi tekanan PSS akhirnya berbuah hasil. Pada menit ke-71, PSSI berhasil unggul lewat Ze Valente. Memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan usai tendangan bebas, Ze memaksa kiper Syaiful memungut bola.

Ze nyaris menggandakan keunggulan PSS pada menit ke-74. Namun tendangan kerasnya dari luar kotak penalti mampu ditepis penjaga gawang Dewa United, Syaiful.

Dewa United sempat mengancam PSS pada menit ke-83. Namun sundulan Rishadi Fauzi masih melebar. Rishadi sendiri tidak dapat bermain hingga laga usai. Cedera memaksanya untuk ditarik keluar sehingga Dewa United terpaksa bermain dengan 10 pemain di 10 menit terakhir.

 

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Susunan Pemain

PSS SlemanM Ridwan (gk), B Nirwanto (c), Purwaka, Marckho M, Syaiful, Ze Valente, Manda Cingi, Ferre, D Mustaine, Boaz Solossa, Komar

Dewa UnitedSyaiful (gk), A Berlian (C), Miterveski, Miftah Sani, M Syaifuddin, Akbar Zakaria, L Ramos, Rossi, Feby Eka, Fahmi, Natanael, Siringoringo

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.