Sukses

Ingin Datangkan Frenkie de Jong, MU Harus Bayar Rp1,5 Triliun ke Barcelona

Liputan6.com, Jakarta - Klub Liga Inggris Manchester United (MU) perlu membayar mahal jika ingin mendatangkan Frenkie de Jong ke Old Trafford. Dilansir dari Metro, Barcelona menginginkan paket harga 100 juta euro atau setara dengan kurang lebih Rp1,5 triliun.

Setan Merah sejatinya telah melakukan pembicaraan dengan Blaugrana. Klub yang finis di peringkat enam klasemen Liga Premier itu mengajukan tawaran senilai 60 juta euro ditambah add-ons 10 juta euro kepada Barcelona.

Akan tetapi, jurnalis Fabrizio Romano mengeklaim Barca menolak upaya tersebut. Sang raksasa La Liga ingin mendapat bayaran lebih besar sebagai mahar kepindahan pemain bintangnya.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez nampaknya tak ingin berpisah begitu saja dengan Frenkie de Jong. Apalagi pemain internasional Belanda itu telah menjadi sosok penting sekaligus starter reguler dalam skuad asuhannya di Camp Nou.

“Saya sudah bilang berkali-kali bahwa Frenkie de Jong sangat penting. Dia selalu menjadi starter (dalam tim asuhan) saya. Bagi saya dia (adalah pemain) fundamental,” kata Xavi beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Namun, kondisi finansial memaksa Barcelona melepas Frenkie de Jong. Sang raksasa Catalan perlu menyeimbangkan pembukuan di tengah krisis keuangan. Blaugrana juga butuh dana tambahan untuk mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas.

Adapun Pedri, Gavi, dan Sergio Busquets tercatat telah menunjukkan performa gemilang di lini tengah Blaugrana musim lalu. Oleh karena itu, Frenkie de Jong menjadi salah satu penggawa yang paling potensial untuk dilepas Barcelona.

2 dari 3 halaman

Ingin Bertahan

De Jong baru-baru ini menegaskan niatnya untuk tetap mengabdi di Barcelona. Pemain berusia 25 tahun tersebut tak menampik dirinya senang bekerja di bawah asuhan Ten Hag. Akan tetapi, ia lebih ingin melanjutkan komitmen bersama Barca.

“Saya cukup percaya diri (bahwa saya bisa sukses di Barcelona). Saya tidak takut,” ujar De Jong seperti dilansir Liputan6.com dari Metro pada Sabtu (4/6/2022).

“Baru-baru ini, saya berbicara secara ekstensif dengan pelatih (Xavi). Itu adalah percakapan yang sangat baik. Saya tidak akan membahas hal itu (kepindahan ke MU) atau klub lain. Saya dulu naif dan terbuka dengan topik semacam ini. (Namun) saya tidak mau begitu lagi.”

“Saya senang bekerja dengan Ten Hag di Ajax. Akan tetapi, saya lebih suka tinggal di Barcelona,” pungkas De Jong soal klub pilihannya.

Lebih lanjut, De Jong mengungkapkan bahwa Barcelona merupakan klub impiannya sejak kecil. Hal ini nampaknya menjadi salah satu alasan sang pemain enggan bertolak ke klub besar lain.

“Saya lebih senang bertahan di Barcelona. Saya sudah bilang soal ini sebelumnya. Barcelona merupakan klub impian saya sejak kecil. Saya tidak pernah menyesali pilihan saya," ujar Frenkie de Jong kepada ESPN.

3 dari 3 halaman

Buruan Utama

Di sisi lain, Frenkie de Jong merupakan target transfer prioritas MU. Setelah resmi didaulat menjadi pelatih Setan Merah, Erik ten Hag langsung menempatkan gelandang Barcelona itu sebagai buruan utama di bursa transfer musim panas 2022.

Tenaga De Jong memang dibutuhkan Ten Hag untuk memperkuat lini tengah MU. Pasalnya, Setan Merah bakal melepas empat gelandang pada akhir Juni, yakni Paul Pogba, Juan Mata, Jesse Lingard, dan Nemanja Matic.

De Jong pun digadang-gadang bakal menjadi sosok kunci dalam skuad asuhan Erik ten Hag di Old Trafford. Adapun Ten Hag sudah mengenal De Jong sejak lama. Pelatih berkepala plontos itu merupakan sosok yang mengorbitkan De Jong di Ajax, sebelum dibeli Barcelona pada 2019.

Sayangnya, Setan Merah bukan satu-satunya klub yang menaruh hati pada De Jong. Eks gelandang Ajax menjadi properti panas dalam jendela transfer tahun ini berkat penampilannya yang solid di level klub serta internasional.

Bayern Munchen dan Manchester City juga dirumorkan tertarik menyewa jasa sang pemain. Kedua tim pun dikenal kuat dari segi finansial, sehingga tak bakal kesulitan menggelontorkan dana demi memboyong De Jong dari Barcelona.