Sukses

Perubahan Dramatis, Lionel Messi Bisa Jadi Ujian Pamungkas Strategi Transfer MU

Tim mana pun di dunia, termasuk MU, ingin merekrut pemain berusia 33 tahun itu. Namun, MU tidak ingin mengulangi kesalahan di masa lalu

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) adalah salah satu dari banyak klub yang dikaitkan dengan kepindahan musim panas sensasional bintang Barcelona Lionel Messi.

Seperti diketahui, MU sebelumnya telah memperjelas keinginannya di jendela transfer. Pasalnya, mereka ingin meningkatkan tantangan nyata untuk gelar Liga Inggris musim depan.

Target transfer untuk musim panas ini, sebenarnya sudah diidentifikasi pada awal Februari. Namun, sudah setengah tahun kemudian MU belum menambahkan siapa pun ke skuat mereka.

Seperti dilansir Manchestereveningnews, prioritas Man Utd adalah untuk memperkuat skuat muda yang menarik dengan talenta muda lokal terbaik yang tersedia. Menyusul kekalahan dari Sevilla di Liga Europa, manajer Ole Gunnar Solskjaer menegaskan bahwa United tidak melihat nama 'marquee' di jendela musim panas.

Namun, kemudian Lionel Messi dikabarkan sudah menyerahkan permintaan transfer ke Barcelona. Dunia sepak bola kaget, sementara beberapa klub mulai melihat prospek Messi dalam warna tim mereka, yang lain tetap membumi dengan mengantisipasi perubahan dramatis.

Tim mana pun di dunia, termasuk MU, ingin merekrut pemain berusia 33 tahun itu, jika dia bersedia. Siapa yang tidak mau? Tetapi penting untuk melihat gambaran yang lebih luas, termasuk sisi negatifnya mungkin lebih besar daripada positif.

Simak Video MU Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengecualian

Pertama adalah fakta bahwa kepindahan Messi akan sepenuhnya merusak seluruh pengaturan ulang budaya dan filosofi transfer yang telah diadopsi sejak Solskjaer mengambil alih secara permanen. Sumber MU mengatakan kepada MEN Sport bahwa usia yang tepat untuk merekrut pemain baru adalah 23 tahun.

Meski begitu, Messi jelas menjadi pengecualian. Kemudian lagi, jika mereka membuat pengecualian untuk menandatangani Odion Ighalo, mereka dapat membuat pengecualian untuk merekrut pemain terhebat sepanjang masa.

3 dari 6 halaman

Tak Ulang Kesalahan

Di sisi lain, MU telah menegaskan bahwa mereka bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan di masa lalu dalam membayar lebih agen atau pemain. Itu setelah mereka membuat preseden berbahaya dengan Mino Raiola dan Alexis Sanchez.

Raiola mengantongi 41 juta pounds dari kesepakatan Paul Pogba pada 2016 dan status Sanchez sebagai pencari nafkah tertinggi menyebabkan kebencian di antara beberapa di ruang ganti Old Trafford.

4 dari 6 halaman

Soal Gaji

Gaji Messi yang dikabarkan di Barcelona adalah 100 juta euro, termasuk hak siar dan bonus. Dia pasti akan membenarkan status berpenghasilan tertinggi lebih dari yang dilakukan Sanchez selama waktunya di klub.

MU saat ini menghabiskan 53 persen dari pendapatan mereka untuk gaji pada musim 2018/19. Dan jika ditambahkan bayaran Messi ke tagihan gaji mereka, berdasarkan gajinya di Barcelona, ​​akan mendorongnya menjadi 67 persen, yang berarti mereka harus menjual sebagian dari gaji besar mereka di untuk mengimbangi.

5 dari 6 halaman

Pengganti Sancho

Lalu ada faktor Jadon Sancho. United bertahan dengan Sancho, pemain yang pertama kali mereka coba beli dari Manchester City tiga tahun lalu. MU tentu harus meninggalkan harapan untuk merekrut pemain sayap Borussia Dortmund untuk mendapatkan Messi sebagai gantinya.

Memperkuat sayap kanan adalah prioritas mereka jendela ini, tetapi melanggar bank untuk merekrut penyerang Barcelona dalam iklim transfer saat ini akan mengakhiri harapan pemain lain bergabung dengan klub.

6 dari 6 halaman

Hanya Fantasi

Mungkin masalah terbesar dari situasi ini adalah apakah Messi benar-benar ingin pindah ke MU. Dia pasti memiliki lebih banyak sekutu di seluruh kota di Etihad. Ia hanya akan meninggalkan Barcelona untuk tim yang menurutnya dapat menyamai ambisinya untuk memenangkan trofi domestik dan Eropa sejak awal.

Penggemar MU tentu memiliki hak untuk memimpikan kepindahan Messi. Tapi melanggar aturan keuangan untuk merekrut superstar seperti dia dalam iklim transfer saat ini tetap hanya fantasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.