Sukses

Peran Messi di Barcelona Sangat Dominan, Siapa Jadi Penerus?

Lionel Messi boleh disebut berperan 75 persen dalam sukses atau gol Barcelona, bagaimana Barcelona mencari penggantinya?

Liputan6.com, Barcelona- Peran Lionel Messi di Barcelona tidak bisa disebut hanya banyak, tapi sangat banyak. Dalam 16 tahun kariernya di Barcelona, dia sudah mencetak 634 gol dan 276 assist.

Itu artinya Messi terlibat dalam 910 gol Barcelona selama 16 tahun ini. Itu dilakukannya dalam 731 pertandingan.

Barcelona akan rugi besar kalau kehilangan Lionel Messi. Soalnya peran Messi di Barcelona belum ada penggantinya.

Luis Suarez yang menjadi pesaing Messi dalam cetak gol saja ditendang oleh Barcelona, lalu siapa yang bisa gantikan La Pulga? Dengan didepaknya Luis Suarez, Barcelona tak akan lagi memiliki striker murni.

Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Philippe Coutinho atau Ansu Fati semuanya bukan striker murni. Ada yang winger, ada juga yang suka bermain dari tengah. Ini jadi solusi pelik yang mungkin harus dipecahkan Barcelona dalam beberapa musim ke depan.

Pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman sudah menyiapkan dua striker baru untuk diboyong yaitu Lautaro Martinez dan Memphis Depay. Sejauh mana bisa tutup lobang hilangnya Messi dan Suarez?

 

Saksikan Video Messi di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panggil Alumni

Salah satu cara Barcelona bisa mengatasi krisis tanpa Messi yaitu mendatangkan kembali para alumni La Masia yang tersebar di beberapa klub. Alumni-alumni La Masia selalu menanti kesempatan untuk main di Barcelona.

Mereka diantaranya seperti Adama Traore, striker Wolverhamtpon. Dia dinilai bisa menjadi penjaga gap terlalu besar antara ada Messi dan tanpa Messi.

Ada juga Munir El Hadadi atau Rafinha Alcantara yang bisa jadi solusi sementara di lini depan. Barcelona terlalu lambat untuk merayu Thiago Alcantara yang musim ini sukses bersama Bayern Munchen.

Selain itu, ada Marc Bartra dan Hector Bellerin yang bermain di sektor belakang. Ini juga bisa jadi solusi untuk mengganti pemain yang sudah menua.

Ada puluhan nama lain yang bisa dipanggil. Trek rekor yang jelas di luar Barcelona bisa jadi acuan siapa yang bisa dipilih.

 

3 dari 3 halaman

Hormati Kontrak

 

Sementara itu, mantan presiden Barcelona berharap Messi bisa bertahan semusim lagi. Peran pemain yang sudah mendapatkan 34 trofi itu begitu besar.

"Saya sangat suka dengan Messi, tapi saya lebih cinta Barcelona," ujar Gaspart seperti dikutip Goal.com.

"Silahkan bayar klausul kontraknya. Saya pernah mengalami ini saat Luis Figo dan Rivaldo hengkang, itu karena saya cinta Barcelona," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.