Sukses

3 Klub yang Berpotensi Menampung Messi Bila Tinggalkan Barcelona

Lionel Messi dikabarkan akan segera hengkang dari Barcelona, pemain asal Argentina ini dilaporkan sudah meminta manajemen untuk melepasnya pada musim panas ini

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi dikabarkan akan segera hengkang dari Barcelona. Ia meminta Manajemen Barcelona untuk melepas dirinya pada bursa transfer musim panas ini akibat adanya kisruh internal tim.

Mendengar La Pulga ingin meninggalkan raksasa Catalan, banyak presiden klub yang ingin mendaratkan pemain asal Argentina ini. Namun, tidak banyak klub yang memiliki keuangan baik, apalagi ditengah situasi pandemi seperti ini.

Menurut L’Equipe, Messi adalah pemain dengan bayaran gaji tertinggi di dunia. Gaji kotornya mencapai 8,3 juta Euro per bulan atau sekitar 99,6 juta Euro per tahun.

Dengan gaji sebesar itu, banyak klub top eropa yang berpikir ulang untuk mendatangkan bintang Barcelona ini. Namun, apabila mereka berhasil mendaratkan pemain berusia 33 tahun ini, klub tersebut berpotensi untuk mendapat keuntungan finansial yang tinggi.

Kontrak Messi sendiri sejatinya akan habis pada Juni 2021, klausul bebas transfer pun tertuang dalam perjanjian tersebut. Apabila Messi dilepas dengan status free transfer, hal ini bisa menjadi bumerang bagi Barcelona.

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Klausul Harga Tinggi

Dalam perjanjian kontrak antara Messi dan Manajemen Barcelona terakihr, manajemen memagari Messi dengan klausul harga mencapai 700 juta Euro. Angka ini bisa dibilang sangat tidak masuk akal untuk ditebus oleh klub manapun.

Apalagi, pemain termahal abad ini yang pernah ditebus suatu klub hanya mencapai 222 juta Euro. Neymar da Silva, memecahkan rekor transfer termahal di dunia, ia ditebus oleh Manajemen Paris Saint Germain (PSG) pada 2017 lalu.

Namun, dalam perjanjian kontrak terakhir, Messi juga menetapkan bahwa ia bisa meninggalkan Barcelona dengan bebas pada musim ini. Meskipun masih tersisa satu musim lagi, Messi bisa memilih opsi untuk meninggalkan Barcelona tanpa membebankan biaya transfer kepada klub barunya.

Lalu klub mana saja yang berpotensi menampung La Pulga?

3 dari 5 halaman

Berpeluang untuk Reuni

Seperti dilansir dari Deportes Cuatro, Messi masih menyimpan kekaguman yang sangat tinggi terhadap mantan pelatihnya, Pep Guardiola. Messi masih menganggap bahwa Pep merupakan pelatih terbaik di dunia dan pelatih terbaik yang pernah ia miliki.

Sebelumnya, salah satu sumber yang dilansir dari ESPN mengatakan bahwa Messi sudah menghubungi Pep. Messi membicarakan terkait kemungkinannya merapat ke Etihad Stadium musim panas ini.

Bahkan pembicaraan tersebut terjadi sebelum La Pulga meminta Manajemen Barcelona melepasnya pada musim panas ini. Patut kita tunggu apakah Messi bisa bereuni dengan Pep musim ini.

 

4 dari 5 halaman

Trisula Maut

Selain City, Paris Saint Germain (PSG) juga punya potensi yang besar.  Apalagi, PSGi ngin membentuk trisula penyerang yang mematikan. Dengan datangnya Messi, lini depan PSG akan semakin moncer setelah kehadiran Neymar dan Kylian Mbappe.

PSG juga masih berhasrat untuk mendapatkan gelar Liga Champions tahun depan. Les Parisiens ini masih belum bisa menerima kekalahan 0-1 atas Bayern Munchen pada BabakFinal Liga Champions kemarin

 

5 dari 5 halaman

Godaan Beckham

Selama ini, Major League Soccer (MLS) menjadi pelabuhan bagi pemain-pemain bintang yang sinarnya mulai meredup di klub asal. Dan pemilik Klub Inter Miami, David Beckham, sangat terbuka untuk Messi.

Sayangnya, kasta tertinggi di Amerika Serikat ini sering dipandang sebelah mata oleh pemaini top. Kebanyakandari mereka hanya ingin bermain di liga yang lebih kompetitif. Apalagi Messi masih ingin bermain dalam ajang Piala Dunia 2022 nanti, kemungkinan sangat kecil untuk La Pulga belabuh di MLS.

 

 

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.